Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko lebih dari penyakit jantung. Bahkan lebih dari itu tekanan darah tinggi (hipertensi) diam-diam dapat merusak tubuh Anda selama bertahun-tahun sebelum gejala berkembang. Jika tidak terkendali, Anda mungkin berakhir dengan cacat, kualitas hidup yang buruk atau bahkan serangan jantung fatal. Untungnya, dengan pengobatan dan perubahan gaya hidup, Anda dapat mengontrol tekanan darah tinggi Anda untuk mengurangi risiko komplikasi yang mengancam jiwa.

Ada beberapa bahan herbal yang sangat ampuh untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Dua bahan herbal yang paling mudah diperoleh dan harganya sangat murah adalah mentimun dan blewah. Berikut uraiannya:

1. Mentimun

Mentimun atau ketimun adalah salah satu jenis tumbuhan yang termasuk suku labu-labuan dan mengahasilkan buah yang dapat dimakan. Mentimun mengandung mineral potassium yang cukup tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah tinggi dan juga mengurangi penyakit batu ginjal.

Buah mentimun ini bisa dimakan secara langsung, bisa dibuat sebagai lalapan, dan juga bisa dibuat jus. Saat membuat jus timun, bisa ditambah dengan jenis buah lain, asalkan komposisi jumlah mentimunnya lebih banyak dibanding buah lainnya.

 

2. Blewah

Selain enak jika dikonsumsi, buah blewah juga memiliki banyak manfaat, diantaranya dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kandung kemih atau ginjal.

Blewah dapat dengan mudah ditemukan di pasar tradisional, sementara blewah yang sudah diolah sebagai campuran minuman es, bisa ditemukan di berbagai tempat keramaian, seperti pasar, sekolah, warung, dan sebagainya.

Semoga bermanfaat.


++++

Artikel terkait...