Jeng Ana

Tuntutan hidup dan gaya hidup membuat gangguan syaraf tidak hanya terjadi pada orang yang sudah paruh baya ataupun lansia. Namun anak muda pun juga dapat terkena gangguan saraf atau biasa disebut Neuropati. Gangguan saraf tersebut biasanya ditandai dengan kesemutan, kebas, atau keram.

Ganguan syaraf tersebut akibat melakukan aktivitas dan gaya hidup sehari-hari. Gaya hidup dimaksud adalah yang secara terus-menerus dan berulang, seperti beraktivitas dengan gadget, mengendarai mobil atau motor, duduk dengan posisi sama dalam waktu lama, ataupun mengetik dengan computer yang terlalu lama.

Menurut penelitian terbaru, Gejala neuropati bisa mulai dirasakan dari usia paling muda yakni antara 26-30 tahun. Buktinya, 1 dari 4 orang di usia itu mulai merasakan kesemutan dan kebas. Gejala ini dapat terjadi akibat kekurangan vitamin neurotropik, yaitu B1, B6 dan B12.

Menurut Jeng Ana, Ratu Herbal Indonesia, untuk menghindari penyakit syaraf juga bisa dilakukan dengan konsumsi herbal tertentu.

“Konsumsi herbal neurotropik ini sangat baik dilakuikan oleh kaum muda yang ingin menghindari gangguan penyakit seyaraf sejak dini. Disamping biayanya sangat murah, juga sangat efektif dan tidak mengandung efek samping,” jelas Jeng Ana.

Berikut 3 macam herbal yang dapat dikonsumsi untuk menghindari penyakit gangguan syaraf:

1. Daun Pandan Wangi

Ambil 3 helai daun pandan segar, cuci, lalu potong kecil-kecil. Rebus dengan 3 gelas air, sampai kira-kira tersisa 2 gelas. Dinginkan, saring, kemudian diminum pagi dan sore, masing-masing 1 gelas.

2. Kayu Manis

Selain dapat memberikan manfaat dari dalam tubuh, kayu manis juga bisa digunakan untuk mengatasi urat syaraf kaku. Rendam kayu manis dengan air hangat lalu hirup aroma wanginya, ini membantu Anda menjadi lebih rileks dan segar. Anda juga bisa menggunakan air rendaman kayu manis untuk mengompres syaraf leher yang kaku.

3. Seledri

Tumbuhan satu ini tidak hanya baik untuk kesehatan dan kecantikan rambut. Namun seledri juga bisa menjadi obat alami untuk mengatasi syaraf kaku. Seledri bisa digunakan sebagai kompres, namun juga sangat baik saat dikonsumsi termasuk dengan cara dijus. Jus seledri mampu memperbaiki saraf yang rusak akibat stres maupun nyeri di saat datang bulan pada wanita.

Nah, itulah tiga macam herbal yang dapat digunakan sebagai alternative untuk menyembuhkan gangguan syaraf. Tentu bisa dicoba tanpa perlu merasa takut akan efek sampingnya. (*)


++++

Artikel terkait...