Sumber gambar : www.alodokter.com

Sumber gambar : www.alodokter.com

Ketahuilah jenis makanan untuk meringankan nyeri dan melancarkan haid yang dapat membantu anda mengatasi keluhan tersebut. Haid merupakan kondisi normal yang dialami semua wanita tanpa terkecuali, tetapi ada banyak dari mereka yang sering mengeluhkan sakit saat haid yang dapat mengganggu kegiatan keseharian mereka. Terkadangan rasa nyeri tersebut mengakibatkan perubahan mood dan lebih sensitif, bukankah demikian ladies yang sering dialami?

Ternyata kondisi seperti ini mengakibatkan timbulnya beberapa faktor yang menyebabkan rasa sakit haid, salah satunya adalah faktor makanan. Sebaiknya ladies menghindari makanan yang mengandung gula serta pedas, karena makanan jenis ini dapat menimbulkan rasa nyeri haid. Pola hidup sehat seperti perubahan pola makan dan olahraga ringan merupakan salah satu cara untuk meringankan bahkan mengatasi keluhan nyeri haid.

Berikut ini merupakan beberapa minuman dan makanan untuk meringankan nyeri dan melancarkan haid, jenis makanan apa sajakah yang di maksud? Untuk lebih jelasnya mari simak informasi menarik berikut ini.

  1. Konsumsi makanan yang tinggi kalsium seperti yang terdapat pada sayuran hijau gelap (baya, sawi dll) serta kacang-kacangan (kacang almond).
  2. Cukupi asupan makanan yang tinggi akan kandungan antioksidan seperti yang terdapat pada buah dan sayuran : beri (strawberi, blackberi, bluberi, mulberi), ceri serta paprika.
  3. Sebaiknya hindari jenis makanan olahan seperti pasta, gula serta roti putih.
  4. Sebaiknya konsumsi daging tanpa lemak dan yang mengandung protein seperti tahu atau tempe (dari kacang kedelai), serta kacang-kacangan.
  5. Ganti minyak untuk memasak dengan minyak zaitun ataupun minyak sayur.
  6. Hindari mengkonsumsi minuman yang berkafein, alkohol.
  7. Hindari tembakau, rokok.
  8. Cukupi kebutuhan harian akan air putih 8 gelas atau 2 liter.
  9. Aplikasikan penggunaan suplemen terlebih yang mengandung asam lemak omega 3, kalsium sitrat, vitamin D, vitamin E serta magnesium.
  10. Hindari makanan yang mengandung lemak trans seperti yang terdapat pada makanan yang di panggang dan jenis makanan yang di proses ( kentang goreng, donat, kue, pizza, sosis, mie, margarien dll).
  11. Konsumsi susu kedelai menurut beberapa wanita yang mencobanya dan berpendapat “ konsumsi susu kedelai mampu mengatasi keluhan nyeri haid”.

Demikianlah informasi menarik mengenai makanan untuk meringankan nyeri dan melancarkan haid yang dapat anda coba dan rasakan khasiatnya sendiri. Semoga informasi sederhana diatas dapat bermanfaat bagi pembaca khususnya para wanita. Sampai jumpa dalam artikel menarik berikutnya. (*)


++++

Artikel terkait...