epy-710x150

Jakarta: Hasil diagnosis dari salah satu rumah sakit, bintang komedi Epi Kusnandar dinyatakan mengidap penyakit kanker otak. Diakui Epi, akibat dari penyakit yang dialaminya berawal dari gejala muntah-muntah, demam tinggi, dan tekanan darahnya naik. “Menurut dokter dari diagnosis awal, saya mengidap tumor otak. Malah katanya harapan untuk hidup tipis,” cerita Epi, komedian yang dikenal sebagai pemeran hansip dalam seri komedi televisi Suami-suami Takut Istri.

Bahklan di rumah sakit yang berbeda, ayah beranak tiga serta istri dari Karina, Epi membenarkan kalau dalam sebulan sudah tiga kali keluar masuk dalam menjalani perawatan di rumah sakit. “Tapi karena tak kunjung sembuh, ya memilih untuk tidak menjalani rawat inaplah,” papar Epi yang sudah dilakukan CT Scan di RS Abdi Waluyo.

Lantas diakui Epi, sama sekali bukan karena putus asa dengan pengobatan di kedokteran bila akhirnya memutuskan untuk jalani pengobatan alternatif. Pasalnya Epi yang sempat menyaksikan tayangan Medika Natura asuhan Jeng Ana, setiap Jum’at pagi, di Jak TV. “Namanya kita sedang berusaha, mudah mudahan Jeng Ana bisa membantu menyembuhkan penyakit ini,” kata Epi yang turut hadir sebagai bintang tamunya Jeng Ana.
Sesungguhnya siapa Jeng Ana yang dikenal sebagai herbalis?

Jeng Ana mulai mengenal ilmu pengobatan herbali sejak usia 20 tahun yang diperoleh dari kakeknya sebelum mangkat. “Jadi waktu itu, kakek sempat menitipkan pesan kalau saya diharapkan bisa meneruskan profesi itu,” kenang Jeng Ana yang diserahkan warisan tanah seluas 1,5 Ha yang penuh beraneka ragam tumbuh tumbuhan sebagai modal dari ilmu pengobatan tradisional.

Karena itu, tidaklah mengherankan julukan “Si Ratu Herbal” begitu melekat pada sosok ibu beranak dua, kelahiran Purwodadi, 15 Juli 1977 dengan nama asli Ina Soviana yang akhirnya memilih untuk hijrah ke Jakarta. Demi penyempurnaan ilmunya, Jeng Ana pun sempat mengeyam pendidikan tentang dunia herbal. “Demi menyerap ilmu tumbuh-tumbuhan dengan segala kegunaan dan manfaatnya, jadi saya sekolah ada sekitar lima tahunan,” ujar Jeng Ana yang mengaku sempat mengalami mati suri.

Jang Ana yang banyak menangani pengobatan kaum perempuan, seperti kanker payudara, kanker serviks, keputihan, tumor rahim sampai gurah vagina. Serta tidak sedikit menangani pasien yang menderita kanker paru paru, diabetes, lever, mag dan lainnya.

Dalam menangani pengobatan, Jeng Ana selalu mengawali kepada setiap pasien barunya untuk menyertakan hasil laboratorium demi memaksimalkan pengobatannya. “Artinya apa yang saya lakukan tetap bersinergi kepada kedokteran,” papar Jeng Ana yang memiliki Klinik Herbal & Salon Aura di Jakarta, Bandung, Bali dan Riau ini, telah menangani beberapa pasien dari kalangan selebriti, seperti; Ratna Listy, Opik Kumis, Misye Arsita, Rini S Bon Bon, Merry Putrian, Putty Noor dan terakhir Epi Kusnandar ini.


++++

Artikel terkait...