Jangan lupa saksikan inspirasi pagi bersama Jeng Ana setiap hari sabtu dan minggu pukul 08.00 s/d 09.00 WIB di Jak tv.

SOLUSI KESEHATAN KELUARGA INDONESIA


libido-hilang-710x150

Saya sudah berumur 40 tahun. Sudah sekitar 4 tahun gairah seksual saya menurun jauh dan mudah lelah. Kalau berhubungan suami istri, saya cepat selesai. Saya test darah, hasilnya gula darah saya normal. Tapi kolesterol agak naik. Kira-kira saya ini sakit apa, dan apakah saya bisa normal seperti yang seorang pria sejati dengan pengobatan herbal?. Terima kasih.

joko8162@yahoo.co.id

Jawab:

uat Pak Joko, banyak faktor yang menyebabkan kondisi seksual yang Anda alami. Jawaban yang paling sering kita dengar adalah karena faktor pikiran. Karena yang menggerakkan libido kita memang dari pikiran.

Tetapi secara garis besar setidaknya ada lima penyebab menurunnya gairah seksual pria, yakni:

1. Faktor Kesehatan Tubuh

Sejumlah penyakit diketahui sangat mempengaruhi gairah seksual, diantaranya kanker, arthritis (radang sendi), dan diabetes. Gangguan ini terjadi karena penyakitnya itu sendiri maupun lantaran perasaan takut atau cemas akibat penyakit yang dideritanya. Selain itu, pengkonsumsian obat-obat anti depresi juga bisa melemahkan gairah seks.

 2. Faktor Andropause

 Bila perempuan mengenal yang namanya menopause, maka untuk laki-laki disebut andropause. Yakni terjadinya perubahan tingkat testosteron dan estrogen, sehingga komposisi hormon tidak seimbang. Rata-rata, kasus gangguan keseimbangan hormon ini terjadi pada pria berusia antara 40 dan 50 tahun. Ada juga yang sudah mengalami hal ini pada usia 30-an, namun tidak banyak.

Salah satu dampak dari andropause adalah menurunnya gairah seksual. Tidak hanya libido yang merosot, tetapi juga tak jarang mengalami kesulitan ereksi. Selai itu, pria yang mengalami ini juga sangat mudah lelah. Bukan hanya pada saat berhubungan intim, tetapi juga pada saat bekerja atau melakukan aktivitas lainnya.

Tetapi jangan menjadikan faktor andropause ini untuk mengatakan bahwa penurunan gairah seksual terjadi karena faktor usia. Karena ketidakseimbangan hormon itu bisa diobati atau disembuhkan.

3. Pola Makan dan Gaya Hidup

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa makanan tertenu bisa menurunkan gairah seksual. Misalnya saja terlalu banyak mengkonsumsi daging merah, minuman beralkohol dan merokok. Cara menyembuhkannya tentu dengan mengurangi atau menghentikan makanan-makanan itu dan berolahraga.

4. Tidak Percaya Diri

Jangan pernah merasa minder atau kehilangan kepercayaan diri ketika berhubungan seks dengan pasangan Anda. Misalnya saja, Anda merasa tidak yakin bisa memuaskan pasangan Anda. Bila ini terjadi, maka Anda justru kehilangan gairah seks. Untuk mengatasinya, perlu pengobatan dan konseling dengan psikolog maupun pakar seks.

5. Beban Hidup

Beban hidup sangat menentukan psikologis seseorang. Misalnya, akibat menumpuknya masalah, seseorang kemudian menjadi stres, fristasi, dan sebagainya. Sedangkan kondisi psikis sangat menentukan gairah seks

 

Nah, untuk kasus Pak Joko, ada banyak kemungkinan yang menyebabkannya, karena Anda tida menceritakan masalah yang Anda hadapi. Tetapi dari apa yang Anda sebutkan, ada kemungkinan besar bahwa Anda sedang mengalami andropause. Untuk memastikannya, Anda perlu melakukan pemeriksaan laboratorium, sehingga bisa dilakukan langkah pengobatan yang tepat.

Kami sarankan, lakukan pengobatan dengan herbal untuk menghindari efek samping. Terapi hormon dengan menggunakan ramuan herbal sudah terbukti sangat efektif, baik untuk perempuan maupun kaum laki-laki.

 


++++

Artikel terkait...