Tanaman benalu (Loranthus) adalah tanaman yang dapat hidup tanpa memerlukan media tanah. Tanaman ini berjenis tanaman parasit dimana tumbuh dengan cara menempel pada dahan pohon yang lain dan mencari makan dengan cara menghisap mineral yang larut dalam pohon yang ditempeli.

Meskipun bersifat parasit, namun ajaibnya benalu juga memiliki manfaat untuk pengobatan. Contohnya benalu yang tumbuh pada tanaman teh dan kopi banyak dicari karena kandungan kimia yang baik seperti kofein, tanin, dan juga minyak asiri.

Manfaat benalu dalam pengobatan di antaranya, adalah dapat digunakan untuk mengobati:

Tumor dan juga Kanker
Cara penggunaanya adalah dengan mengambil beberapa batang benalu yang menempel pada pohon teh. Rebuslah batang benalu dengan rumput alang alang dan adas pulowaras dengan air secukupnya. Setelah dingin saring dan minumlah 1X sehari.

Dapat digunakan untuk mengobati Amandel
Cara penggunaanya adalah dengan mengambil batang benalu yang menembpel pada tanaman jeruk nipis. Rebuslah batang benalu bersama adas pulowaras dengan air secukupnya hingga mendidih. Setelah dingin saring dan minumlah ramuan 1X sehari.

Dalam kesempatan kali ini Jeng Ana akan menguraikan khasiat benalu berdasarkan inang atau pohon yang menjadi tempatnya tumbuh menempel. Inilah uraian lengkapnya:

  1. Benalu yang menempel pada tanaman kelor dan salam dapat digunakan sebagai obat gondok menyeluruh.
  2. Benalu yang menempel pada tanaman randu dapat digunakan untuk mengobati asma, ginjal, saraf dan hernia.
  3. Benalu yang menempel pada tanaman delima dapat digunakan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, membantu mempersubur rambut, mengobati kecing manis dan membantu mengecilkan perut.
  4. Benalu yang menempel pada tanaman sono dapat digunakan sebagai obat rematik dan pegal linu.
  5. Benalu yang menempel pada tanaman turi dapat digunakan untuk mengobati kencing nanah, mengatasi gangguan saluran kencing, mengatur kadar oksigen dalam darah, mengatasi batu ginjal dan juga masalah pankreas.
  6. Benalu yang menempel pada tanaman sawo dapat digunakan untuk membantu mengecilkan perut.
  7. Benalu yang menempel pada tanaman sirsak dapat digunakan untuk mengobati sakit perut, sariawan dan juga ambeien.
  8. Benalu yang menempel pada tanaman mangga dapat digunakan untuk mengatasi mual, sesak napas, lever, dan juga dapat digunakan untuk menyembuhkan luka.
  9. Benalu yang menempel pada tanaman alpukat dapat digunakan untuk mengobati tips, mengatasi masalah darah tinggi dan kencing manis.
  10. Benalu yang menempel pada belimbing wuluh dapat digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan, batuk dan pusing.
  11. Benalu yang menempel pada beringin dapat digunakan untuk menghitamkan rambut, mengobati gatal – gatal, datang bulan yang tidak lancar dan mengatasi masalah kutu air.
  12. Benalu yang menempel pada cengkeh dapat digunakan untuk mengobati penyakit paru – paru, jantung dan menjaga kadar kolesterol.
  13. Benalu yang menempel pada durian dapat digunakan untuk melancarkan pencernaan dan mengobati flu.
  14. Benalu yang menempel pada gading dapat digunakan untuk mengatasi gangguna kesuburan rahim, keputihan dan mengobati gatal – gatal.
  15. Benalu yang menempel pada jambu air dapat digunakan untuk mengobati maag, mual, mules, perih dan juga perut kembung.
  16. Benalu yang menempel pada jati dapat digunakan untuk melancarkan peredaran darah, mengobati penyakit kanker, kencing manis, gondok, sakit akibat virus dan juga sifilis.
  17. Benalu yang menempel pada jarak dapat digunakan untuk menjaga kesehatan tulang dan mengatasi masalah gatal – gatal pada ibu yang baru melahirkan.
  18. Benalu yang menempel pada kacang – kacangan dapat digunakan sebagai penambah nafsu makan.
  19. Benalu yang menempel pada kopi dapat digunakan untuk mengatasi masalah darah rendah, gatal – gatal dan mengobati maag.

Nah, begitulah khasiat benalu sesuai dengan pohon inangnya. Ajaib, bukan?
Ini adalah bukti kebesaran Allah SWT.


++++

Artikel terkait...