prosta-710x150

Assalamua’laikum wr wb
Saya berumur 46 tahun dan keluhan saya sering kencing, terutama di malam hari hampir setiap jam harus bangun untuk kencing. Dari hasil lab diketahui bahwa untuk gula darah saya normal dan tidak ada gejala batu, cuma prostat saya agak membesar. Kalau nahan kencing, maka kencingnya jadi tersendat – sendat atau tidak tuntas. Mohon saran dan solusinya. Terima kasih. Wassalam

JAWAB:

Wa’alaikum salam

Dari penjelasan Anda, ada beberapa kemungkinan tentang apa yang sedang Anda alami. Bila melihat kondisi prostat Anda yang membesar, ada kemungkinan sebagai gejala kanker prostat. Penyakit ini juga ditandai dengan sering kencing yang tidak tuntas, tetapi rasanya sakit. Sedangkan Anda tidak menjelaskan apakah sakit atau tidak ketika kencing tersebut.

Kemungkinan kedua adalah Diabetes Insipidus, yakni suatu kelainan yang terjadi karena kekurangan hormon antidiuretik yang menyebabkan rasa haus yang berlebihan (polidipsi) dan pengeluaran sejumlah besar air kemih yang sangat encer (poliuri). Bila ini yang terjadi, maka rasanya memang tidak sakit.

Kemungkinan ketiga, adalah hal biasa yang terjadi karena makanan atau minuman yang Anda konsumsi. Bila ini yang terjadi, maka tidak berlangsung terus menerus, tetapi hanya pada saat Anda mengkonsumsi jenis makanan atau makanan itu.

Nah, untuk memastikannya Anda harus melakukan pemeriksaan lab. Dari sana akan diketahui langkah apa yang harus dilakukan untuk mengobatinya. Jangan khawatir, semua jenis penyakit pasti ada obatnya, terutama dari alam atau herbal. Terimakasih kembali.

 


++++

Artikel terkait...