sperma2-710x150

Saya pria umur 31 tahun, sudah menikah selama 2 tahun 4 bulan..beberapa bulan yang lalu.  Saya periksa analisis sperma di laborataorium. Hasilnya disimpulkan bahwa saya mengalami OLIGOASTENOTERATOZOOSPERMIA dengan kedaan sbb:

MAKROSKOPIS
– Volume : 5.0 mL
– Bau : khas
– Warna : putih keabu-abuan
– pH : 8.0
– Liquefaksi : 55 menit
– Viskositas : 2 cm

MIKROSKOPIS
– Konsentrasi : 4.6 10^6/mL
– Jumlah : 23 10^6/ejakulat
– Motilitas:
1. excellent : 0 %
2. good : 27 %
3. good + Excellent : 27 %
4. poor : 15 %
5. none : 58 %

Aglutinasi : negatif
Lekosit : –
Viabilitas : 44 %

MORFOLOGI:
Normal : 8 %
Abnormal : 92 %

Kesimpulan : OLIGOASTHENO-TERATOZOOSPERMIA

Mohon penjelasan dari Jeng Ana, obat atau ramuan atau makanan yang harus saya komsumsi agar kualitas sperma saya bisa menjadi normal.  Dan apakah bisa berobat/ konsultasi tanpa datang langsung ke klinik mengingat tempat tinggal kami jauh? Terimakasih

 

JAWAB:

Oligoasthenoteratozoospermia sering disebut OAT, yakni suatu kondisi yang menggambarkan oligozoospermia (jumlah sperma sedikit), asthenozoospermia (pergerakan sperma tidak normal), dan teratozoospermia (bentuk sperma abnormal). Kondisi ini merupakan salah satu penyebab gangguan kesuburan pada pria.

Tetapi Anda jangan cemas atau khawatir. Semua masalah pasti bida diatasi selama kita mau berusaha, karena kita punya Tuhan yang pasti menyediakan obat terhadap semua penyakit atau masalah yang ditimpakan kepada hambaNya.

Anda juga perlu mengetahui bahwa hasil tes di laboratorium tidak selalu sama. Bisa saja hasil lab Anda hari ini akan berubah dengan hasil tes hari berikutnya. Karena itu sebaiknya Anda lakukan tes ulang untuk memastikannya.

Tes sperma terbaik dilakukan pagi hari, sekitar jam 07.00 hingga 08.00. Dan sebelumnya Anda harus bepuasa terlebih dulu agar Anda tidak menyemburkan sperma. Bila sperma masih keluar, sebaiknya tunda dulu melakukan tes lab.

Lantas, bagaimana cara mengatasi maslaah ini agar Anda bisa menghamili istri Anda? Banyak cara yang bisa Anda tempuh. Diantaranya konsumsi buah berwarna merah setiap hari. Semakin banyak semakin baik. Contohnya tomat merah dan semangka. Semangka dipercaya secara ilmiah bisa meningkatkan kegesitan sperma.

Selain itu gunakan celana dalam yang longgar. Malah lebih baik bila Anda tidak mengenakannya supaya kantong testis bisa melenggang bebas. Testis yang menempel ke tubuh bisa menyebabkan suhu terlalu panas dan bisa merusak kualitas benih Anda.

Lakukan olahraga cukup. Tapi jangan lakukan olahraga bersepeda, karena diduga bisa menyebabkan cidera pada testis dan menurunkan kualitas sperma.

Selanjutnya lakukan hubungan seks setiap hari. Cukup sekali saja, tetapi berkualitas. Usahakan Anda orgasme duluan, baru beberapa saat kemudian istri Anda. Hal ini bertujuan untuk membantu sperma cepat sampai ke tujuan.

Mengenai konsultasi jarak jauh, bias saja dilakukan. Yang terpenting Anda dan istri Anda mengirimkan hasil pemeriksaan lab terlebih dulu kepada kami, dan laporkan terus perkembangan selama menjalani terapi.


++++

Artikel terkait...