cmv-retinitis-710x150

Malam Jeng Ana.

Saya wanita berusia 27 thn dan baru menikah Januari 2012 kemarin. Saya menderita CMV sudah 7 tahun yang lalu yang menyerang kesehatan mata kiri saya. Sekarang kondisi penglihatan mata kiri saya sudah tidak fokus seperti sudah ditutupi kabut yang semakin lama kabut itu akan melebar. Apalagi sekarang sudah menyerang ke mata kanan saya.

Saya takut menjadi buta permanen. Kata dokter saya menderita retinis pigmentasi, untuk tokso kadarnya memang belum terlalu parah. Tapi saya ingin mempunyai keturunan. Saya sudah minum berbagai obat tapi tak kunjung membaik.

CMV termasuk ke dalam TORCH yang disebabkan oleh virus. Apa suami saya sudah positif tertular Jeng? Lalu bagaimana solusinya jeng agar TORCH ini bisa benar-benar sembuh dari tubuh ini, terutama penglihatan saya bisa berangsur-angsur melihat seperti dulu. Sebelumnya terima kasih Jeng Ana atas jawabannya.

Ella
she_eoneq@yahoo.com

JAWAB:

CMV atau dalam istilah medis disebut Cyto Megalo Virus adalah virus yang termasuk keluarga virus Herpes. Seperti halnya keluarga herpes lainnya, virus CMV dapat tinggal secara laten dalam tubuh.

Sekitar 50% – 80% orang dewasa memiliki antibodi anti CMV. Infeksi primer virus ini terjadi pada usia bayi, anak-anak, dan remaja yang sedang dalam kegiatan seksual aktif. Penderita infeksi primer tidak memperlihatkan gejala yang khusus, tetapi virus tetap hidup dalam tubuh penderita selama bertahun-tahun.

Virus CMV akan aktif apabila pengidap virus ini mengalami penurunan kondisi fisik dan kadang-kadang memunculkan keluhan seperti vertigo, migren, radang sendi, radang tenggorokan, radang lambung, lemah lesu dan beberapa keluhan pada saraf mata dan saraf otak.

CMV juga merupakan salah satu penyebab infeksi yang berbahaya bagi janin  bila infeksi terjadi saat ibu sedang hamil. Jika ibu hamil terinfeksi. maka janin yang dikandung mempunyai risiko tertular sehingga mengalami gangguan misalnya pembesaran hati, kuning, ekapuran otak, ketulian, retardasi mental, dan lain-lain.

CMV lebih sering menyerang retinitas (fleksi pada kornea), yang dapat dengan cepat menyebabkan kebutaan. Bila tidak diobati CMV daapt menyebar ke seluruh tubuh dan menginfeksi ke beberapa organ lain sekaligus. Risiko infeksi CMV paling tinggi terjadi bila cell CD4 dibawah 100.

Gejala pertama CMV retinitas adalah problem penglihatan. Seperti bayangan hitam yang bergerak (scotoma) dan tampak seperti bintik – bintik hitam. Kasus lainnya misalnya pandangan sepertinya melihat kabut putih tebal. Mungkin kasus seperti ini yang kini sedang Anda alami. Dalam dunia medis, hal semacam ini disebut dengan istilah Floates dan mengindikasikan suatu peradangan di retina.

Tidak salah dengan apa yang Anda katakan bahwa CMV memang merupakan bagian dari TORCH. Karena TORCH sendiri merupakan sebuah kependekan. T adalah Toxoplasmosis atau Toxoplasma gondii. Dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah toksoplasmosis.

O singkatan dari Other infections atau infeksi lainnya seperti Hepatitis B, Sifilis, Varicella-Zoster Virus, HIV, dan Parvovirus B19. R adalah Rubella atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai Rubela atau Campak Jerman. Sedangkan C adalah CMV seperti yang sedang Anda derita. Sementara H adalah Herpes simplex virus atau virus herpes simpleks.

Menjawab pertanyaan Anda, apakah suami Anda sudah tertulari? Pertanyaan ini tentunya sulit untuk dijawab sebelum suami Anda memeriksakan diri di laboratorium. Karena itu, suami Anda memeriksakan diri agar bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Apakah penyakit ini bisa diobati secara herbal? InsyaAllah bisa. Yang terpenting, bila Anda hendak berobat ke klinik kami, bawalah rekam medis atau hasil uji lab terbaru, ketika datang berobat. Dan menurut hemat kami, sebaiknya ibu memang segera melakukan pengobatan lebih intensif. Mumpung penyakit ini belum menjalar ke bagian tubuh lainnya.

Apalagi Anda menginginkan untuk bisa segera hamil. Saran kami, sebaiknya sembuhkan dulu penyakit Anda sebelum memutuskn untuk hamil. Karena seperti dijelaskan diatas, bahwa risiko penyakit ini cukup besar bagi janin yang Anda kandung.

 

 


++++

Artikel terkait...