sel-telur2-710x150

Dengan Hormat,

Saya seorang ibu berumur 33 tahun mempunyai anak 1 umur 6,5th. Saya ingin memiliki anak ke-2, tetapi sampai saat ini belum juga hamil. Saya pernah melakukan kuretase pada tahun 2009 dikarenakan bayi yang ada dalam kandungan saat itu (umur 3 bulan ) dinyatakan bayi tidak berkembang.

Pada tahun 2010-an saya pernah melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan mengenai rahim saya. Hasilnya bagus saja tidak ada penyakit apapun yang menghawatirkan. Cuma kalau tidak salah dokter bilang bahwa kualitas sel telur saya belum matang. Jadi bila dibuahi pun tidak akan jadi. Apakah artinya saya kurang subur? Bagaimana caranya supaya saya bisa lekas hamil lagi karena saya sudah berharap punya momongan lagi.

Apakah saya bisa berkonsultasi lewat surat elektronik saja, dikarenakan saya tinggal di Banjarmasin. Bagaimana caranya supaya saya bisa mendapatkan ramuan herbal, tanpa harus datang ke klinik Jeng Ana langsung. Mohon saran dan balasannya.terima kasih.

Salam,

Jamilatu Rosidah

jamilatu.rosidah@yahooco.id

JAWAB:

Sel telur yang sulit matang dalam dunia medis disebut anovulasi. Penderita anovulasi biasanya mengalami haid seperti biasa, tetapi ovarium tidak melepaskan sel telur ke saluran tuba untuk dibuahi atau dikeluarkan ketika haid. Hal ini otomatis mengakibatkan wanita sulit hamil.

Ini berbeda dengan wanita yang memiliki ovulasi tidak teratur. Mereka masih memiliki kesempatan untuk hamil, karena mereka masih bisa berovulasi meskipun jarang terjadi.

Anovulasi bisa sulit di deteksi. Pada beberapa wanita bahkan haidnya sangat normal walaupun tidak ada ovulasinya. Paling sering wanita yang tidak berovulasi juga mengalami tidak haid (=amenorrhea), atau haidnya sedikit (=oligomenorrhea). Sehingga jika mengalami haid yang sedikit , singkat dan tanpa nyeri bisa menjadi alarm bagi wanita dan dokternya akan adanya siklus anovulasi.

Jika mengalami perdarahan antara siklus haid lebih dari 2-3 siklus haid, besar kemungkinan siklusnya anovulasi. Banyak siklus-siklus anovulasi ini berhubungan dengan perdarahan yang tidak teratur atau hiperplasia endometrium

Anovulasi umumnya disebabkan oleh gangguan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Hormon tubuh seperti estrogen dan progesteron membantu untuk memicu siklus reproduksi tubuh Anda, termasuk ovulasi (pelepasan sel telur yang telah matang) dan menstruasi.

Ada beberapa gangguan yang mengakibatkan ketidakseimbangan hormon yang akhirnya membuat sel telur sulit matang, antara lain:

Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

Yakni sindrom yang dapat mengakibatkan seorang wanita mengalami ketidaksemibangan hormon. Karena hormon dalam tubuh tidak seimbang, pelepasan sel telur pun terhambat karena sel telur sulit matang. Hal ini membuat haid menjadi tidak teratur dan menyebabkan ketidakseburan, sehingga membuat wanita sulit hamil. Sekitar 90 persen kasus anovulasi (sel telur sulit matang) disebabkan oleh PCOS dan biasanya terjadi secara turun-temurun.

Luteinised Unruptured Follicle Syndrome.

Dalam beberapa kasus, sel telur mungkin telah matang, namun folikel gagal untuk melepaskanya, sehingga sel telur tidak dapat dibuahi. Hal inilah yang disebut dengan Luteinised Unruptured Follicle Syndrome (LUFS).

Obesitas

Banyak studi yang menunjukan bahwa obesitas memiliki hubungan dengan anovulasi pada wanita. Obesitas atau kegemukan dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon, yang berpengaruh pada kesuburan wanita. Selain itu, kelebihan berat badan juga akan menimbulkan disfungsi ovarium.

Gangguan Makan.

Gangguan makan seperti anokresia atau bulmia dapat menggangu bahkan menghentikan siklus haid wanita. Tidak ada siklus haid, berarti tidak ada ovulasi. Tanpa ovulasi, wanita akan sulit hamil.

Faktor Usia.

Pertambahan usia dapat mempengaruhi jumlah pasokan sel telur yang dapat dihasilkan. Pertambahan usia juga membuat kesuburan wanita menurun. Hal ini mengakibatkan terganggunya siklus haid bulanan karena tidak adanya ovulasi.

Ovarian Hypofunction

Ovarian hypofunction merupakan penurunan fungsi dari ovarium, termasuk penurunan produksi hormon yang disebabkan oleh faktor genetik seperti kelainan kromosom ataupun fungsi ovarium normal. Hal ini akan menyebabkan wanita sulit hamil, karena ovarian hypofunction juga dapat menyebabkan sel telur sulit matang.

Stres

Stres dapat mempengaruhi kerja hormon dalam tubuh, termasuk hormon yang berhubungan dengan sistem reproduksi. Hal ini menyebabkan gangguan pada siklus haid normal karena ovulasi menjadi tidak teratur. Sehingga jumlah sel telur yang belum matang pun meningkat.

Apakah anovolusi bisa diobati? InsyaAllah bisa. Dalam dunia medis, cara pengobatannya biasanya bervariasi tergantung penyebab dan faktor lainnya seperti usia dan riwayat medis. Lazimnya dokter memberi obat-obatan kimia untuk memicu terjadinya ovulasi, misalnya Clomiphene Citrate (Clomid) dan sejenisnya.

Bagaimana dengan obat herbal? InsyaAllah obat herbal justru lebih aman, karena tanpa efek samping yang bisa membahayakan.

Apakah pengobatan bisa dilakukan dari jarak jauh dengan konsultasi melalui email? Jawabnya bisa. Yang terpenting, kirimkan rekam medis yang sudah ibu lakukan atau hasil uji lab/USG/HSG terbaru yang sudah ibu lakukan. Bila belum punya, segera lakukan dan kemudian kirimkan kepada kami.

InsyaAllah selanjutnya kami akan mengupayakan solusi yang tepat untuk membantu program kehamilan yang ibu dan suami idam-idamkan. Terimakasih.


++++

Artikel terkait...