Jangan lupa saksikan inspirasi pagi bersama Jeng Ana setiap hari sabtu dan minggu pukul 08.00 s/d 09.00 WIB di Jak tv.

SOLUSI KESEHATAN KELUARGA INDONESIA


Nefritis_intersticial_-710x150

Anak saya namanya Aisyah, umur 6 tahun. Sudah setahun ini dinyatakan dokter gagal ginjal, dan sudah pasang alat CAPD. Penyebab penyakit gagal ginjalnya menurut diagnosa dokter adalah nefritis (radang ginjal).

Apakah dengan pengobatan herbal ginjal anak saya bisa berfungsi lagi? Mohon jawaban dari Jeng Ana. Saya berencana datang ke Klinik jHerbal Jeng Ana, saya berasal dari Surabaya.

 Imelda (Surabaya)
imelda_cantix@yahoo.com

 JAWAB:

Terimakasih atas kepercayaan Ibu Imelda kepada kami. InsyaAllah putri Ibu masih bisa disembuhkan, terutama dengan ramuan herbal.

Sebelum menjawab lebih jauh pertanyaan Ibu, kiranya kami perlu sedikit menjelaskan perihal penyakit yang putri ibu derita. Memang banyak penyebab terjadinya gagal ginjal. Diantaranya seperti yang ibu sebutkan tadi, yakni nefritis.

Apakah yang dimaksud dengan nefritis? Tak lain adalah peradangan pada ginjal yang terjadi karena infeksi bakteri. Bakteri ini bisa masuk dari mana saja, termasuk melalui pernafasan dan lubang kemih.

Penyakit ini umumnya selalu diawali dengan infeksi saluran kemih bagian bawah. Karena itu penderita nefritis biasanya mengalami demam, nyeri ketika buang air kemih, nanah di dalam air kemih, dan terasa nyeri diantara tulang rusuk dan tulang pinggul.

Pada sebagian kasus, penderita nefritis hanya memperlihatkan sedikit saja gejala, tetapi ketika dilakukan pemeriksaan laboratorium menunjukkan tanda-tanda gagal ginjal.

Penderita seperti ini biasanya selalu merasa dingin, demam, sakit kepala, sakit punggung, dan udema (bengkak) pada bagian muka –biasanya sekitar mata (kelopak)–, mual dan muntah-muntah, sulit buang air kecil dan air seni menjadi keruh.

Biasanya penderita nefritis akan merasa kesakitan ketika punggungnya disentuh, biarpun hanya disentuh sedikit saja. Meskipun terinfeksi, ginjal lazimnya bekerja terus. Apabila hanya satu ginjal saja yang terinfeksi, rasa sakitnya akan berada di satu sisi saja, meluas sampai ke pangkal paha. Rasa sakit itu timbul karena sel-sel sistem kekebalan tubuh menyerang dan membunuh bakteria, sambil menimbulkan pera-dangan dan demam, kadang- kadang sampai 40° C.

Sementara seseorang dengan nefritis kronis atau gagal ginjal, seperti yang terjadi pada putri ibu, biasanya mengalami penurunan fungsi kekebalan tubuh, serta kekuatan fisik yang rendah.

Sedangkan nefritis akut yang terjadi secara tiba-tiba (Nefritis Tubulointerstisialis ) biasanya disebabkan oleh kerusakan pada tubulus renalis dan jaringan di sekitarnya. Bisa juga disebabkan obat-obatan, dimana penderita mengalami alergi atau keracunan obat. Keracunan bisa terjadi akibat obat-obat tertentu, misalnya amfoterisin b dan aminoglikosida. Reaksi alergi bisa terjadi pada pemakaian penisilin, golongan sulfa, diuretik dan obat anti peradangan non-steroid (termasuk aspirin).

Sejumlah survey memperlihatkan bahwa kaum perempuan ternyata lebih berisiko terkena infeksi ginjal ketimbang laki-laki. Penyebabnya karena letak anatomis saluran air mereka. Para perempuan memiliki uretra yang amat pendek, yang membuat bakteri amat mudah masuk ke kandung kemih.

Lantas, bagaimana cara pengobatannya dengan herbal? Hal ini sangat tergantung penyebab terjadinya nefritis tersebut. Jika penyebabnya adalah reaksi alergi obat, maka konsumsi obat penyebab alergi itu harus dihentikan, dan selanjutnya alerginya itu sendiri yang harus diobati, serta pemulihan fungsi ginjal.

Sebagai tips, usahakan agar saluran kencing itu selalu bersih, tidak terpapar bakteri, karena infeksi saluran kencing merupakan pintu menuju infeksi ginjal. Misalnya pada kaum perempuan, infeksi ginjal bisa terjadi karena bakteri dari kotoran yang keluar dari anus, yang kemudian masuk ke lubang saluran kencing. Bagi kaum lelaki yang sudah berusia di atas 50 tahun, usahakan memeriksakan prostat sekali setahun.


++++

Artikel terkait...