Jangan lupa saksikan inspirasi pagi bersama Jeng Ana setiap hari sabtu dan minggu pukul 08.00 s/d 09.00 WIB di Jak tv.

SOLUSI KESEHATAN KELUARGA INDONESIA


Stone_Massage

Menjadi cantik sudah seperti sebuah obsesi untuk seorang wanita. Jika dulu praktik bedah sangat digemari untuk mengubah kontur wajah untuk mendapatkan penampilan yang lebih baik. Namun dengan pesatnya perkembangan teknologi dalam industri kecantikan, prosedur pembedahan sudah tak lagi digemari. Ini membuktikan bahwa Anda bisa cantik dengan rasa sakit yang sangat sedikit.

Namun tentu saja ada biaya perawatan wajah di dokter kulit yang harus dipenuhi untuk mendapatkan perawatan-perawatan tersebut. Mereka yang rela mengeluarkan uang berapa pun untuk perawatan kulit wajah mungkin ingin mencobanya. Namun untuk Anda yang belum berminat, semoga informasi berikut ini dapat Anda jadikan wawasan yang dapat berguna nantinya.

Pada zaman dahulu ketika belum ada kosmetik modern, kaum wanita tetap bisa tampil penuh percaya diri sehingga tetap bisa terlihat cantik. Mangapa hal itu bisa terjadi? Karena pada saat itu banyak wanita ketika merawat kecantikannya menggunakan ramuan tradisional yang khasiatnya juga tidak kalah ampuh dengan kosmetik modern. Bahkan ramuan tradisional ini punya kelebihan, yaitu harganya murah dan aman tanpa efek samping yang membahayakan kesehatan wajah maupun bagian tubuh lainnya.

Indonesia yang kita cintai termasuk negara yang punya banyak koleksi ramuan tradisional untuk merawat kecantikan dan kesehatan. Salah satunya adalah ramuan khas peninggalan leluhur Jawa.

“Sebutlah salah satunya adalah ramuan kecantikan alami ala puteri keraton. Secara tradisi, puteri-puteri keraton tentu memiliki perawatan spesial untuk kecantikannya. Apalagi menjelang pernikahan, berbagai perawatan tradisional dan ritual kecantikan dengan prosesi yang panjang sudah ada dalam jadwal mereka. Sebut saja misalnya spa, masker, cem-ceman, ratus, lulur, mandi rempah, dan jamu-jamuan,” papar Jeng Ana, herbalis yang didapuk dengan julukan Ratu Herbal Indonesia.

Lulur tradisional adalah salah satu yang jadi andalan puteri-puteri keraton dalam merawat kecantikan kulit. Menurut Jeng Ana, tidak hanya cara meramunya yang spesial, namun pengambilan bahan-bahannya pun tidak boleh semabarangan.

“Para Ngadiro Saliro Keraton yang dipercaya merawat kecantikan para puteri harus melakukan ritual doa sebelum memetik atau mengambil bahan-bahan herbal tersebut,” tegas Jeng Ana, yang mengaku mempelajari rahasia ini dari beberapa pakar ramuan tradisional Jawa dan merujuk dari sejumlah primbon kuno.

Dikatakan pula, manfaat lulur tersebut selain mengangkat sel kulit mati, dapat juga membuat tubuh menjadi rileks karena aliran darah semakin lancar. Selain itu lulur tradisional tersebut akan menghaluskan kulit, menghilangkan bau badan, serta terhindar dari gatal-gatal karena jamur. Lebih dari itu, racikan lulur juga dapat membangkitkan inner beauty yang selama ini terpendam. Karena itu tidak heran kan jika kulit puteri-puteri keraton tampak mulus terawatt dan mereka sangat memesona.

“Sebenarnya, perawatan kecantikan puteri keraton terinspirasi dari putri-putri kerajaan sejak jaman dahulu kala. Sebagai contoh, Cleopatra, Ratu Mesir yang terkenal akan kecantikannya, juga menggunakan ramuan-ramuan tradisional untuk merawat kecantikan wajah dan tubuhnya,” papar herbalis bernama asli Ina Soviana lebih jauh.

Aneka Racikan Herbal

Meski perawatan tradisional terlihat tidak praktis, tapi siapapun yang mencobanya bisa mendapatkan banyak sekali manfaat alami dari segala bahan yang ada di sekitar. Disamping itu, pastinya minim efek samping. Fakta juga berbicara, ramuan tradisional yang diturunkan dari leluhur telah terbukti khasiatnya selama berabad-abad.

“Sayangnya, banyak sekali dari koleksi resep tersebut yang terkadang hilang dan terlupakan dengan semaraknya berbagai macam produk kecantikan modern,” sesal Jeng Ana, seraya menegaskan bahwa dirinya sengat konsen untuk terus melestarikan resep-resep leluhur ini agar jangan sampai punah.

Ia mencontohkan, bagi para wanita yang selalu ingin tampil cantik dan awet muda bisa dengan cara melakukan spa wajah berbahan dasar daun teh. Caranya adalah daun teh di campur dengan air panas yang masih mengeluarkan asap. Kemudan dekatkan muka pada asap tersebut. Nah, asap inilah yang akan membantu membuat kulit muka menjadi halus dan memperkecil lubang pori-pori. Tapi melakukannya harus rajin dan telaten, tidak bisa seketika.

Berikutnya adalah dengan menggunakan bahan daun pepaya. Cara penggunaannya sangat mudah, yaitu ambil satu genggam daun pepaya kemudian ditumbuk halus lalu dioleskan pada bagian muka yang terkena jerawat setiap hari ketika akan tidur. Beberapa hari kemudian pasti jerawatnya akan hilang dan kulit menjadi bersih.

Disamping daunnya, buah pepaya juga punya manfaat besar untuk merawat kecantikan secara tradisional. Daging buah papaya bisa dijadikan masker yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah dan untuk proses peremajaan kulit menjadi lebih cepat. Selain itu masker pepaya ini juga bisa menghilangkan kerutan muka.

“Bagi yang menginginkan kulit wajah kencang dan halus bisa menggunakan buah bengkoang,” ungkap Jeng Ana pula.

krim-wajah-620x 180-1

Seperti diketahui, bengkoang adalah buah yang warnanya putih bersih dan rasanya segar. Menurut Jeng Ana, kegunaannya adalah untuk membuat kulit menjadi lebih kencang dan halus. Caranya, ambil buah bengkoang lalu diparut. Hasil parutan bengkoang tadi bisa dipakai sebagai masker dengan menempelkannya pada seluruh wajah. Setelah kering kemudian dibersihkan dengan air.

“Bila mau melakukan setiap hari selama satu minggu saja, Anda akan bisa melihat hasilnya,” tandas Jeng Ana seraya menyebutkan kehalusan kulit wajahnya diperoleh berkat menjalankan resep leluhur yang satu ini.

Rupanya, kentang juga termasuk jenis umbi-umbian yang amat berkhasiat untuk kesehatan kulit. “Bagi Anda yang wajahnya selalu berminyak dan sering berjerawat, bisa memanfaatkan buah berwarna kuning ini untuk merawat kecantikannya agar minyak di wajah serta jerawat bisa berkurang atau hilang. Caranya juga sama dengan masker bengkoang tadi,” jelas Jeng Ana.

Untuk mendapatkan kesehatan kulit wajah dan kecantikan alami juga bisa menggunakan jahe. Rasa hangat yang dihasilkan jahe dapat melancarkan sirkulasi aliran darah dan juga membuat kulit menjadi lebih kencang. Caranya dengan menggunakan parutan jahe sebagai masker.

“Namun sebelum digunakan secara menyeluruh pada wajah sebaiknya dites dulu agar kulit tidak iritasi,” kata Jeng Ana menegaskan.

Itulah dia sedikit informasi seputar perawatan kecantikan tradisional untuk menambah wawasan Anda. Tentu, masih banyak bahan-bahan herbal lainnya yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan dan kecantikan. Mengingat keterbatasan space atau halaman majalah ini, maka tidak semua dapat kami ketengahkan. Yang pasti ditegaskan oleh Jeng Ana, bahwa semua racikan herbal yang dibeberkannya ini sudah barang tentu sangat minim, atau bahkan sama sekali tidak memiliki efek samping. Silahkan dicoba, Semoga bermanfaat!


++++

Artikel terkait...