Jangan lupa saksikan inspirasi pagi bersama Jeng Ana setiap hari sabtu dan minggu pukul 08.00 s/d 09.00 WIB di Jak tv.

SOLUSI KESEHATAN KELUARGA INDONESIA


Jeng-Ana

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Anak saya bernama M.Nabil Pasyah Harahap, umur 2 tahun 7 bulan Saat ini sedang mengalami pengobatan di Rumah Sakit Anak Bunda Harapan Kita Jakarta. Anak saya memiliki sakit di bagian usus. Dari hasil pemeriksaan laboratorium diketahui bahwa anak saya tersebut menderita polyps di usus besar yang bernama Jeghers Polyps.

Insyah Allah besok, Jum’at tanggal 29 Juni 2012 akan dioperasi. Usus besar yang ada polyp tersebut dipotong sekitar 10 cm. Dari keterangan dokter ahli, bahwa kemungkinan besar akan muncul lagi polyps yang sama setelah operasi sekitar 6 bulan atau 1 tahun kemudian.

Yang ingin saya pertanyakan, apakah ada obat herbal untuk anak saya tersebut supaya tidak muncul kemble polyp di ususnya, Dan apakah ada cabang pengobatan di Kalimantan Timur, karena saya berdomisili di Kota Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara.

Mohon kiranya Jeng Ana memberikan tanaggapan. Atas kesediannya saya ucapkan banyan terimakasih.
Wassalam.

S Harahap
Syahrial_hrp@yahoo.co.id

JAWAB:

Wa’alaikum salam Wr Wb

POLIP adalah pertumbuhan jaringan dari dinding usus atau dubur yang menonjol ke dalam usus atau dubur dan bisa berupa bukan kanker (benign) atau kanker (ganas). Polyp bervariasi tergantung ukuran, semakin besar polip semakin besar risiko menjadi kanker atau pra-kanker.

Polyp mungkin bertambah besar dengan atau tanpa sel induk. Dimana yang tanpa sel induk lebih mungkin menjadi kanker daripada dengan sel induk. Adenomatous polyps, yang terdiri terutama atas sel kelenjar yang ada dipermukaan dalam usus besar, mungkin menjadi kanker (pra-kanker). Adenomas bergerigi adalah bentuk adenoma yang benar-benar agresif.

Polyp Peutz Jeghers (Peutz Jeghers Syndrome) seperti yang diderita anak Bapak dikenal sebagai salah satu jenis polip yang terjadi karena faktor keturunan. Dalam penyakit ini, penderita mempunyai banyak polyps kecil di perut, usus halus, usus besar, dan dubur.

Mereka juga mempunyai banyak spot hitam yang kebiru-biruan di bagian wajah, bagian dalam mulut, di tangan dan kaki mereka. Spot cenderung memudar sewaktu pubertas kecuali yang ada di dalam mulut.

Bila Peutz Jeghers sindrom terjadi pada perempuan, maka penyakit ini cenderung meningkatkan risiko terjadinya kanker di sejumlah organ, khususnya bagian pankreas, usus halus, usus besar, payudara, paru-paru, indung telur, dan rahim.

Lantas bagaimana gejala penyakit ini? Kebanyakan polyp tidak menampakkan gejala. Tetapi gejala yang paling umum adalah pendarahan dari dubur. Polyps besar mungkin menyebabkan kejang dan nyeri di bagian perut.

Untuk mendiagnosanya, seorang dokter biasanya dapat meraba polyps dengan memasukkan jari bersarung ke dalam dubur. Tetapi untuk memastikan dan mengetahuinya secara lebih mendetail biasanya dilakukan dengan cara colonoscopy.

Untuk mengobatinya, pengobatan secara medis biasanya melakukannya dengan cara operasi, seperti yang kini tengah dijalani putra Bapak. Sayangnya cara ini tidak mampu menyembuhkan penyakit ini secara total. Itulah sebabnya, seperti Anda ceritakan dalam pertanyaan, bahwa polyp ini bias muncul atau terjadi lagi sekitar enam bulan atau setahun setelah menjalani operasi.

Mengapa ini terjadi? Karena pengobatan dengan cara operasi umumnya tidak mampu mengangkat penyakit hingga ke akar-akarnya. Akar-akar yang masih tertinggal itulah yang kemudian tumbuh menjelma menjadi polyp lagi.

Apakah hal ini bias diatasi dengan herbal? InsyaAllah bisa, karena pada dasarnya pengobatan polyps secara herbal tidak jauh berbeda dengan pengobatan jenis kanker. Yang menjadi target dalam pengobatan polyp atau kanker/tumor secara herbal adalah akar-akar yang menjadi penyebabnya. Itulah sebabnya, pengobatan secara herbal biasanya mampu menyembuhkan kanker/tumor atau polyp secara total.

Bila Anda ingin mengikuti pengobatan di klinik kami, sebaiknya datang saja langsung ke klinik dengan membawa rekam medis, hasil uji lab terbaru. Bila tidak bias datang, maka kirimkan saja data medis tersebut via email untuk pemesanan obat. Tks

 

 


++++

Artikel terkait...