Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Dengan Konsumsi Herbal Alami
Daun Meniran

Cuaca yang tak menentu membuat tubuh rentan terkena penyakit. Memang, penyakit yang menghinggapi tubuh terkadang bukan tergolong penyakit kronis atau dianggap berbahaya.

Umumnya, hanya penyakit-penyakit yang menghambat aktivitas harian kita. Membuat tubuh lemas, badan pegal, dan sederet masalah kesehatan lainnya.

Namun demikian, dalam kondisi ekstrem, penyakit-penyakit tersebut bisa saja berdampak serius hingga menyebabkan kematian. Karena itu kita perlu mensiasatinya dengan cara alamiah.

Umur, memang ada di tangan Allah SWT. Namun demikian kita wajib berikhtiar untuk menjaga kesehatan kita. Terlebih di saat adanya perubahan iklim seperti sekarang ini.

Untuk menjaga daya tahan tubuh bisa disiasati dengan cara sederhana, yakni dengan konsumsi beberapa macam jenis tanaman herbal. Seperti jahe dan daun meniran.

“Sifat jahe yang memiliki rasa hangat bisa menjaga suhu tubuh. Selain itu jahe memiliki antivirus dan antitoksin sehingga bisa mengobati batuk serta masuk angin. Disamping itu juga bisa menjaga kekebalan tubuh kita,” jelas Jeng Ana, herbalis yang namanya masih tetap eksis.

Dia mencontohkan. Batuk dan pilek membuat daya tahan tubuh menurun. Biasanya, batuk dan pilek tak datang sendiri. Keduanya membawa “teman akrab” bernama gangguan pernapasan.

Menurutnya, gangguan pernapasan ini bisa menimbulkan efek yang sangat mematikan. Disamping itu, gangguan tubuh yang dianggap sepele juga bisa meningkatkan tekanan darah. Ini sangat berbahaya bagi penderita hipertensi yang dijuluki sebagai The Silent Killer.

“Jahe bisa membebaskan kita dari gangguan pernapasan. Fungsinya melegakan sistem pernafasan dengan memecah dan menghilangkan lendir (dahak),” sambung Jeng Ana.

Jahe hanyalah satu dari sekian banyak tanaman obat berkhasiat. Tanaman dari keluarga Zingiberaceae ini bersama kayu manis dan kunyit merupakan rempah unggulan dan sejak dulu dipercaya sebagai tiga terbaik kategori tanaman obat untuk menjaga kesehatan.

Selain jahe, ada daun meniran. Beberapa literatur kesehatan menyebut meniran terbukti secara ilmiah bisa meningkatkan daya tahan tubuh serta gangguan saluran pernafasan.

“Daun meniran bahkan disebut tanaman immunomodulator atau tanaman yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika sistem kekebalan meningkat, tubuh bagaikan mempunyai perisai pelindung yang membuat kita tidak mudah terserang penyakit. Nah, daun meniran ini bisa kita andalkan,” papar Jeng Ana.

Disamping untuk menjaga daya tahan tubuh, khasiat meniran juga bisa membantu penyembuhan sejumlah penyakit berat, misalnya diare, gangguan saluran pernafasan, kencing manis, penyakit kuning, dan hepatitis.

Manfaat sebanyak itu bisa diperoleh karena daun meniran menyimpan sejumlah senyawa. Senyawa-senyawa itu di antaranya filantin, hipofilantin, kuersetin, isokuersetin, dan astragalin. Rangkaian senyawa ini mayoritas terkandung di bagian akar serta daun.

“Selain itu, imbangi aktivitas yang padat dengan hidup yang teratur. Jangan lupa juga berikan nutrisi batin dengan ibadah dan pendekatan diri kepada Tuhan,” tutup Jeng Ana. (*)


++++

Artikel terkait...