Penyakit jantung menjadi penyebab kematian tertinggi di dunia. Demikian menurut data dari World Health Organization (WHO) tahun 2012.

Data tersebut juga menunjukkan 17,5 juta orang di dunia meninggal akibat penyakit jantung. Tak hanya itu, pada tahun 2016, Data The Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) menyebutkan 17,7 juta jiwa atau sekitar 32,26% meninggal dunia karena penyakit jantung.

Sedangkan di Indonesia, pada tahun 2016, penyakit jantung juga telah menyebabkan 36,33% dari total kematian di Indonesia. Celakanya, penyakit ini bukan hanya menyerang usia tua, namun juga menyerang usia muda. Terutama mereka yang tidak peduli dengan pola hidup sehat.

Data Riskesdas tahun 2013 memaparkan persentase penderita penyakit jantung berdasarkan kelompok usia di Indonesia yaitu 3,2% penderita berusia lebih dari 75 tahun; 3,6% berusia antara 65-74 tahun; 21,1% berusia 55-64 tahun; dan 1,3% dari usia 35-44 tahun.

Singkatnya, penyakit jantung bisa menyerang siapa saja. Ketika hal itu terjadi, biaya yang harus dikeluarkan pun tidak kecil, hingga ratusan juta rupiah. Oleh karena itu, ada baiknya kita mulai melakukan tindak pencegahan sebelum terlambat.

Cara pencegahan yang bisa dilakukan antara lain, adalah: olahraga, konsumsi buah dan sayur, rileks agar pikiran tenang, dan jauhi rokok serta alkohol.

Namun demikian jika gejala penyakit jantung sudah dirasakan, maka untuk membantu penyembuhan bisa juga dilakukan dengan cara tradisional, yaitu dengan konsumsi racikan herbal. Cara ini terbukti sangat membantu asalkan dilakukan dengan benar dan penuh disiplin.

Sejak zaman dahulu nenek moyang kita mengobati penyakit jantug dengan tanaman-tanaman yang sudah terbukti keampuhannya sehigga sampai sekarang masih digunakan oleh sebagian kecil orang di desa. Jeng Ana sebagai herbalis mengadopsi cara ini dalam membantu penyembuhan pasien-pasiennya.

Nah, berikut beberapa macam herbal yang terbukti khsiatnya untuk penyakit jantung:

1. Daun Sukun

Daun Sukun adalah salah satu dari beberapa obat tradisional yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit jantung. Kandungan sitosterol dan flavonoid pada Daun Sukun mampu meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan jantung.

Cara membuat obat ini adalah dengan menggunakan daun tua, kemudian rebus ke dalam 5 gelas air hingga sisa setengahnya. Setelah disaring, minumlah airnya, lakukan hal ini selama seminggu.

2. Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan salah satu tanaman obat tradisional yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit jantung.

Cara membuat racikan herbal ini adalah dengan 3 buah ubi jalar. Kemudian cuci bersih, parut dan ambil airnya dengan cara diperas. Terakhir tambahkan 2 sendok makan madu murni. Minum ramuan alami ini 3 kali sehari.

3. Kunyit

Kunyit adalah salah satu tanaman obat tradisional yang sudah tidak asing lagi. Salah satu khasiatnya, tanaman obat tradisional ini mampu melarutkan kolesterol jahat dalam darah yang menjadi faktor utama penyumbatan pembuluh darah.

Cara meraciknya adalah siapkan kunyit seukuran 4 ruas jari. Setelah diparut, seduh ke dalam ½ gelas air panas selama ¼ jam. Setelah disaring, tambahkan madu secukupnya. Minum ramuan ini setiap hari menjelang tidur.

Itualah tiga macam herbal untuk membantu penyambuhan penyakit jantung. Tentu saja Jeng Ana membuat racikan yang lebih lengkap dan terjamin dosisnya. Juga dengan bahan-bahan tanaman herbal yang sudah teruji khasiatnya.

Berkat ketepatan takaran dalam meramu dan pemberian dosis, sudah terbukti banyak pasien penderita penyakit jantung berhasil sembuh tanpa konsumsi obat kimia atau operasi. Tentu saja ini merupakan bukti kasih sayang Allah SWT kepada setiap makhluknya yang tak pernah menyerah dalam ikutiar lahir dan batin.


++++

Artikel terkait...