Gagal Ginjal jengana.co.id

Penyakit ginjal merupakan penyakit sistemik. Jika tidak langsung ditangani, akan menyebabkan timbulnya penyakit-penyakit lainnya. Apalagi jika sampai mengalami kemunduran fungsi ginjal akut, maka akan mengalami apa yang dinamakan sebagai penyakit gagal ginjal.

Jika seseorang sudah terkena penyakit gagal ginjal, biasanya pengobatannya memerlukan biaya mahal, karena penderita penyakit gagal ginjal akut akan disarankan untuk melakukan cuci darah, paling tidak seminggu tiga kali.

Untuk mengurangi atau mengantisipasi penyakit gagal ginjal yang berujung pada cuci darah, diperlukan perawatan berkala yang membutuhkan ketelatenan dan kesabaran. Salah satunya adalah dengan cara tradisional.

“Misalnya menggunakan daun seledri. Manfaat daun seledri salah satunya adalah sebagai pembersih organ ginjal kita, bahkan bisa juga digunakan untuk mengobati gagal ginjal,” terang Jeng Ana, Ratu Herbal Indonesia.

 

Daun Sledri

Daun Sledri

Dijelaskan olehnya, cara membersihkan ginjal dengan khasiat daun seledri juga cukup mudah, yakni siapkan satu ikat daun seledri segar yang sudah dicuci bersih, Kemudian potong menjadi bagian kecil-kecil. Selanjutnya rebus daun selederi yang sudah dipotong tadi dengan 1 panci berisi air (2 liter). Perebusan membutuhkan waktu 10 menit. Kemudian saring dan dinginkan.

“Anda cukup minum 1 gelas ramuan ini setiap hari dan semua kotoran, seperti garam dan racun yang menumpuk akan keluar melalui air seni,” tegas Jeng Ana.

Herbal lain yang dapat digunakan untuk merawat ginjal dan mengobati gagal ginjal adalah daun sukun. Menurut Jeng Ana, dipilihnya daun sukun bukan semata-mata karena secara tradisi bahan herbal ini memang berkhasiat, namun sudah mengalami penelitian yang sangat rumit.

Diketahui bahwa daun sukun mengandung berbagai unsur kimia alami yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahan herbal ini akan menjadi pengobatan gagal ginjal tanpa cuci darah, serta dapat membantu mengembalikan kondisi ginjal seperti sedia kala.

“Daun sukun ini memiliki kandungan alamiah yang sangat ampuh untuk mengobati penyakit gagal ginjal. Kandungan alamiahnya mulai dari asam hidrosianat, tannin dan flavoid. Selain itu juga terdapat aseticolin dan juga riboflavin yang mempunyai sifar recovery cukup baik untuk ginjal,” kupas Jeng Ana yang mengaku sudah memiliki pengalaman empiris dalam menyembuhkan gagal ginjal dengan herbal daun sukun.

Tanaman Sukun

Tanaman Sukun

Disamping dengan herbal seledri dan daun sukun, Jeng Ana juga merekomendasikan penyembuhan penyakit gagal ginjal dengan menggunakan herbal kumis kuncing yang diracik dengan beberapa jenis herbal lainnya.

Bahan-bahannya adalah sediakan daun kumis kucing satu genggam, daun kacabeling satu genggam, temulawak dua rimpang dan air sebanyak satu liter untuk merebus.

Cara membuatnya yaitu semua bahan terlebih dahulu dicuci bersih. Lalu temulawak dipotong kecil-kecil. Kemudian bahan-bahan tersebut direbus sampai mendidih. Setelah itu, air rebusan disaring. Air rebusan dikonsumsi tiga kali sehari hari.

Menurut Jeng Ana, apabila seseorang telah di vonis mengalami penyakit ginjal, maka lakukanlah penyelamatan terhadap ginjal yang masih berfungsi. Diantaranya dengan cara membatasi air ke dalam tubuh agar disesuaikan dengan kemampuan ginjal dalam mengeluarkannya. Pilihlah menu makanan rendah protein agar tidak menambah beban kerja ginjal.

“Yang tak kalah penting adalah dengan telaten mengkonsumsi ramuan herbal seperti yang saya jelaskan. Jika dilakukan secara kontinyu, kesembuhan tentu akan diperoleh,” tegas Jeng Ana menutup bincang-bincang santai dengan Kemala. (***)


++++

Artikel terkait...