Jeng Ana: Hindari Tertular Corona Dengan Konsumsi Bawang Putih
Koronavirus adalah virus dari familia Coronaviridae yang dapat menyebabkan penyakit pada burung dan mamalia (termasuk manusia). Struktur tubuh virus (virion) ini terdiri dari membran, selubung lipid bilayer (envelope), glikoprotein yang menyerupai paku (spike), genom RNA positif, dan protein nukleokapsid… Selengkapnya baca di https://id.wikipedia.org/wiki/Koronavirus

Kepanikan yang disebabkan wabah virus korona yang mematikan menyebar ke berbagai penjuru dunia. Kendati demikian, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto meminta masyarakat tak panik.

Terawan memberi tips, bahwa virus tersebut bisa dihindari asalkan memiliki imunitas tubuh yang baik.

“Nomor satu itu, imunitas tubuh kita harus dijaga. Virus kan lawannya imunitas tubuh. Bukan vaksinasi atau apa-apa,” kata Menkes di Kompleks Istana Negara, Jakarta (28/01/20).

Nah, yang menarik, untuk meningkatkan imunitas tubuh salah satu tips yang bisa dilakukan adalah dengan konsumsi bawang putih.

Bawang putih tidak hanya digunakan dalam masakan tetapi juga bermanfaat sebagai obat. Bahkan, bawang putih mengandung senyawa yang membantu sistem kekebalan tubuh melawan kuman penyebab penyakit,” terang Jeng Ana, herbalis berjuluk Ratu Herbal Indonesia.

Menurutnya, bawang putih mengandung senyawa yang disebut Alliin. Saat bawang putih dihancurkan atau dikunyah, senyawa ini berubah menjadi Allicin. Senyawa ini telah terbukti mampu meningkatkan respon tubuh untuk melawan beberapa jenis penyakit seperti pilek dan flu.

“Disamping itu, manfaat lain mengonsumsi bawang putih, mulai dari mencegah kanker, penyakit jantung dan bahkan bisa menghilangkan racun dalam tubuh seperti virus Corona,” tegas Jeng Ana.

Dia menambahkan, untuk menjaga imunitas tubuh hanya dibutuhkan 2 siung bawang putih segar. Setelah itu potong kecil-kecil dan campur dengan air dalam satu sendok makan. Bisa juga mengonsumsinya dengan campuran madu alami.

“Minum menjelang tidur. Nah, saat Anda tidur, bawang putih akan merambat ke seluruh saluran pencernaan untuk menghilangkan racun, semua virus dan bakteri yang membahayakan tubuh,” tambah Jeng Ana.

Namun demikian, untuk menjaga daya tahan tubuh, tegas Jeng Ana, Anda perlu menerapkan gaya hidup sehat seperti berolahraga secara teratur serta memakan makanan yang sehat dan cukup gizi. (*)


++++

Artikel terkait...