Jarang Diketahui, 4 Fungsi Tanaman Herbal Diungkap Jeng Ana

foto : Jeng Ana

Beberapa dekade terakhir ini terdapat kecenderungan secara global untuk kembali ke alam. Kecenderungan untuk kembali ke alam atau ”back to nature“, dalam bidang pengobatan herbal sangat kuat di negara-negara maju dan berpengaruh besar di negara-negara berkembang seperti Indonesia. Banyak kalangan masyarakat yang melirik penggunaan herbal untuk penyembuhan penyakit.

Salah seorang herbalis yang konsisten memegang prinsif dalam penggunaan herbal adalah Jeng Ana. Salah satunya dibuktikan adalah dengan konsistensi Jeng Ana yang hanya mennggunakan racikan simplisia murni dalam membantu kesembuhan pasien-pasiennya yang tersebar di berbagai daerah.

Menurut Jeng Ana, jika orang berbicara tentang penggunaan herbal, maka harus dikembalikan pada kesejatian ilmu herbal itu sendiri. Menurutnya, herbalogi atau ilmu herbal itu adalah cara penggunaan bahan yang bersifat alami, dan yang tidak sama sekali menggunakan bahan-bahan sintetis.

“Jika kemudian ada yang menggunakan bahan di luar herbal maka itu tidaklah termasuk ke dalam herbalogi atau ilmu herbal,” tandas Jeng Ana.

Ia menyebutkan, herbal terbaik itu jelas adalah herbal yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, seperti madu, habbatus sauda, dan minyak zaitun. “Namun demikian herbal-herbal yang tumbuh di sekitar kita juga dapat dikatakan herbal yang sangat baik,” terang Jeng Ana.

Secara umum masyarakat hanya mengenal herbal sebagai obat untuk membantu penyembuhan penyakit. Padahal, fungsi herbal yang sebenarnya bukan hanya untuk penyembuhan. Setidaknya, ada 4 macam fungsi tanaman herbal. Hal tersebut seperti diungkap oleh Jeng Ana, yakni:

  1. Fungsi herbal untuk membantu mengobati penyakit. Misalnya herbal untuk kanker, diabetes, ginjal, dan lain-lain.
  2. Fungsi herbal untuk menjaga kebugaran, perawatan kecantikan, seksualitas pria/wanita dengan meningkatkan sirkulasi darah dan metabolism.
  3. Menghilangkan rasa sakit, dengan mengurangi peradangan dan gangguan pencernaan.
  4. Memperbaiki gangguan di tubuh manusia seperti infertilitas, bau badan, infeksi cacing parasit, dan lain-lain.

Banyak jenis tanaman yang digunakan secara tunggal maupun ramuan terbukti sebagai bahan pemelihara kesehatan maupun penyembuhan penyakit.

Masyarakat tentu harus terus diedukasi untuk memanfaatkan herbal sebagai alternatif untuk keempat fungsi sebagaimana dijelaskan di atas.


++++

Artikel terkait...