jantung-bocor-710x150

Assalamu’alaikum Jeng Ana.

Saya berusia 19th. Menurut keterangan dokter, saya menderita penyakit jantung bocor. Sudah di kat, tapi menurut dokter tekanan ke paru-paru saya sudah tinggi dan terlambat untuk melakukan operasi. Bagaimana solusinya? Terimakasih sebelumnya. Wasalam

 

Dini

 ridy4_dinitri@yahoo.co.id

JAWAB:

Wa’alaikum salam Dhini.

Kiranya perlu kami jelaskan terlebih dulu apa yang lazimnya disebut sebagai penyakit jantung bocor (PJB). Umumnya jantung bocor merupakan penyakit bawaan.

Bocor bawaan ini terjadi karena pertumbuhan sekat kurang sempurna. Pada sebagian kasus, lubang itu akan menutup dengan sendirinya seiring dengan pertumbuhan usia, meskipun kasus ini akan mengganggu tumbuh kembang bayi. Tetapi ada juga kasus yang ternyata lubang itu tidak juga menutup dengan sempurna meskipun usia sudah beranjak remaja, bahkan dewasa. Mungkin ini yang sedang adik derita.

Ada dua jenis PJB, yaitu PJB biru (sianotik) dan PJB tidak biru (asianotik). PJB biru bisa dikenali dengan mudah yakni ujung-ujung kuku, bibir dan lidah berwarna biru. Sedangkan PJB tidak biru gejalanya tidak langsung terlihat.

Biasanya baru dicurigai PJB kalau anak gampang sakit, berat badannya tidak naik-naik, susah minum susu, atau gampang kelelahan.

Apa penyebab penyakit ini? Sampai saat ini belum diketahui secara pasti penyebabnya. Namun ada beberapa hal yang bisa beresiko bayi terkena jantung bocor bawaan, diantaranya karena sang ibu menderita sakit campak , hipertensi atau ibu merokok / terkena polusi asap rokok pada awal2 kehamilan, terkena sinar rontgen, ataupun polusi zat kimia.

Bagaimana cara mengobatinya? Bila Anda melakukan pengobatan di dokter pasti akan disarankan untuk menjalani operasi. Tetapi Anda tadi bilang kalau dokter mengatakan bahwa jalan operasi sudah terlambat.

Tetapi jangan khawatir. Anda harus yakin dan bersabar, bahwa Tuhan selalu menyediakan obat terhadap segala penyakit yang diciptakanNya. Ramuan herbal adalah salah satu solusinya.

Banyak bahan dari alam yang biasa digunakan untuk menyembuhkan PJB, misalnya saja teripang laut, sarang semut, daun sirih, kemukus, bawang merah, jinten putih, dan banyak lagi lainnya. Yang terpenting adalah kemampuan untuk meramu atau meracik dengan komposisi yang tepat. Kalau salah komposisi, maka yang terjadi bukannya sembuh, tetapi malah bisa menimbulkan keracunan.

Karena itu kami sarankan untuk menjalani terapi herbal. Terimakasih.

 

 

 


++++

Artikel terkait...