Jangan lupa saksikan inspirasi pagi bersama Jeng Ana setiap hari sabtu dan minggu pukul 08.00 s/d 09.00 WIB di Jak tv.

SOLUSI KESEHATAN KELUARGA INDONESIA


lupus-rash-710x150

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Saya Mewakili Istri. Penyakit yang diderita istri sudah dialami sejak tahun 2007.  Kira-kira sudah 5 tahun lalu.  Hasil test laboratorium diketahui mengidap penyakit SLE ( Lupus ), karena sudah ada 4 indikasi hasil lab yang menyatakan positif.

Mohon info dan saran, bagaimana sebaiknya untuk meminimalisir dan sangat berharap untuk bisa sembuh? Untuk penyakit Lupus ini kira-kira perlu pengobatan intensif bebarap lama?
Terima Kasih Sebelumnya.

Muhamad Yahya, Karawang
khansa_my@yahoo.com

JAWAB:

Wa’alaikum salam.

Arti kata lupus sendiri dalam bahasa Latin berarti “anjing hutan”. Istilah ini mulai dikenal sekitar satu abad lalu. Awalnya, penderita penyakit ini dikira mempunyai kelainan kulit, berupa kemerahan di sekitar hidung dan pipi .

Pasalnya umumnya pederita penyakit ini memang mengalami bercak-bercak merah yang membentang di kedua pipi, mirip kupu-kupu. Kadang disebut (butterfly rash). Namun ruam merah menyerupai cakram bisa muncul di kulit seluruh tubuh, menonjol dan kadang-kadang bersisik.

Tetapi sebenarnya Lupus adalah salah satu jenis penyakit autoimun, yakni penyakit.yang berhubungan dengan sistem imunitas, dimana jaringan dalam tubuh dianggap benda asing. Dalam ilmu imunologi atau kekebalan tubuh, penyakit ini adalah kebalikan dari kanker atau HIV / AIDS.

Bila dalam HIV, penderita kekuragan antibodi, maka dalam penyakit ini kekebalan tubuh justru menyerang organ tubuh yang sehat. Penyakit Lupus diduga berkaitan dengan sistem imunologi yang berlebih (autoimmune disease). Dalam tubuh seseorang terdapat antibodi yang berfungsi menyerang sumber penyakit yang akan masuk dalam tubuh.

Uniknya, penyakit Lupus ini antibodi yang terbentuk dalam tubuh muncul berlebihan. Hasilnya, antibodi justru menyerang sel-sel jaringan organ tubuh yang sehat. Kelainan ini disebut autoimunitas . Antibodi yang berlebihan ini, bisa masuk ke seluruh jaringan dengan dua cara yaitu :

Pertama, antibodi aneh ini bisa langsung menyerang jaringan sel tubuh, seperti pada sel-sel darah merah yang menyebabkan selnya akan hancur. Inilah yang mengakibatkan penderitanya kekurangan sel darah merah atau anemia.

Kedua, antibodi bisa bergabung dengan antigen (zat perangsang pembentukan antibodi), membentuk ikatan yang disebut kompleks imun.Gabungan antibodi dan antigen mengalir bersama darah, sampai tersangkut di pembuluh darah kapiler akan menimbulkan peradangan. Dalam keadaan normal, kompleks ini akan dibatasi oleh sel-sel radang (fagosit) Tetapi, dalam keadaan abnormal, kompleks ini tidak dapat dibatasi dengan baik. Malah sel-sel radang tadi bertambah banyak sambil mengeluarkan enzim, yang menimbulkan peradangan di sekitar kompleks. Hasilnya, proses peradangan akan berkepanjangan dan akan merusak organ tubuh dan mengganggu fungsinya. Selanjutnya, hal ini akan terlihat sebagai gejala penyakit. Kalau hal ini terjadi, maka dalam jangka panjang fungsi organ tubuh akan terganggu.

Berdasarkan hasil sejumlah studi diketahui bahwa penyakit Lupus dapat menyerang semua lapisan masyarakat, yakni 1-5 orang di antara 100.000 penduduk. Penyakit ini bersifat genetik, yakni dapat diturunkan. Fakta di lapangan juga memperlihatka bahwa Lupus lebih sering menyerang wanita. Perbandingannya adalah wanita 6-10 kali lipat dibanding pria, terutama pada usia 15-40 tahun.

Gejala umum penyakit yang disebut Systemic Lupus Erythematosus (SLE) ini biasanya penderita sering merasa lemah, kelelahan yang berlebihan, demam dan pegal-pegal. Gejala ini terutama didapatkan pada masa aktif, sedangkan pada masa remisi (nonaktif) menghilang.

Sejauh ini, kalangan medis masih menganggap Lupus sebagai salah satu penyakit misterius. Selain Lupus yang disebabkan reaksi obat, penyebab pasti penyakit ini tidak diketahui. Perdebatan bahkan masih berlangsung mengenai apakah lupus adalah satu penyakit atau kombinasi dari beberapa penyakit yang berhubungan.

Meski demikian jangan putus asa. InsyaAllah Tuhan menyediakan obat yang lengkap di alam semesta ini untuk mengobati semua jenis penyakit yang juga diturunkan oleh Tuhan sendiri. Karea itu yang dibutuhkan adalah kesabaran, keikhlasan, seraya terus berusaha melakukan pengobatan.

Cukup banyak jenis herbal yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan jenis penyakit akibat antibody yang over ini. Bila Bapak berniat untuk berobat ke klinik kami, silakan kirim rekam medis lengkap dari dokter yang sudah dijalani selama ini. Dari data tersebut kami aka mengupayakan ramuan yang tepat untuk mengobatinya.

Kami tidak bisa menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan proses penyembuhan. Masing-masing orang memiliki kondisi yang berbeda-beda. Selain itu juga tergantun tingkat kepatuhannya dalam menjalani pengobatan.

Terimakasih

 


++++

Artikel terkait...