Jangan lupa saksikan inspirasi pagi bersama Jeng Ana setiap hari sabtu dan minggu pukul 08.00 s/d 09.00 WIB di Jak tv.

SOLUSI KESEHATAN KELUARGA INDONESIA


breast-cancer-stages-04-710x150

Assalamu’alaikum wr wb

Jeng Ana yang di rahmati Allah, ibu saya usia 56 tahun divonis dokter mengidap kanker payudara stage IB. Ukuran tumor 35x25x20 mms, tumbuh di payudara kanan persis di bawah ketiak dan lengket dengan jaringan otot. Selain itu limpa yang ada di sekitarnya juga terlihat bengkak.

Selama ini ibu saya tidak menyadari kalau ada benjolan di payudaranya, tidak ada keluhan sehingga beliau merasa itu angin dan selalu diurut pakai minyak.  Setelah saya tahu, saya curiga dan langsung memeriksakan ibu (USG, Mammograph dan Biopsi) dan hasilnya positif kanker.

Pemeriksaan kami lakukan di Medan, karena masih kurang yakin saya bawa ke Penang dan ternyata hasilnya sama. Hanya saja kalau di Medan dokter sarankan agar payudara diangkat semua, sementara di Penang tidak perlu angkat payudara, hanya mengangkat 130x70x40mms (lebih besar dari tumornya) selanjutnya therapi kemo dan sinar.

Sejak mengetahui kebenaran sakitnya ibu, saya jadi stress, badan meriang, sering menangis, tidak mau makan, tidak mau bicara.  Sampai saya jumpakan dengan dokter onkology and therapy yang memotivasi ibu dan akhirnya ibu mau dioperasi.  Tepat tanggal 9 April 2012 kemarin, ibu saya dioperasi.

Alhamdulillah operasi berhasil, dan seminggu kemudian dokter sampaikan kalau di pinggiran yang dioperasi bersih dan limpa yang bengkak sudah diangkat dan diperiksa juga bersih, namun ibu tetap harus dikemo 8x dan sinar selama 1 bulan . Dokter perkirakan ibu stage IB, sehingga peluang sembuh sangat tinggi dengan rawatan.

Pasca operasi, psikis ibu saya masih tetap sama. Meskipun dokter sudah pastikan peluang sembuh besar, tapi ibu saya masih murung, penyedih dan tidak mau makan.  Beliau sangat takut dikemo dan disinar. Selain itu biayanya juga tidak sedikit. Semua berkecamuk di pikirannya sampai-sampai dia pusing dan lemes.

Jeng Ana yang baik, mohon saran dan tanggapannya. Saya yakin ibu saya mengharapkan ada cara lain mengobati sakitnya selain kemo dan sinar. Hanya saja dia tidak tahu dan tidak mau bicara.  Apa yang harus saya lakukan, sebab menurut jadwal dokter tanggal 3 Mei nanti ibu sudah harus memulai kemo.  Sementara semakin dekat harinya, ibu saya semakin takut. Saya khawatir fisik ibu tidak kuat kalau dikemo.

Ohya, setelah operasi kemarin saya ada memberi ibu minuman Izumio (Hydrigenized drinking water) + suplemen super lutein utk antioksdan dan staminanya. Besar Harapan saya Jeng Ana dapat membantu.

Wassalam

NIRMA

nirmadarningsih@gmail.com

JAWAB:

Wa’alaikum salam.

Ibu Nirma yang dirahmati Allah, kami ikut tersentuh dengan cerita Anda yang panjang lebar. Kami bisa memahami apa yang dirasakan oleh Ibu Anda, sehingga mengalami beban psikis yang berat.

Tetapi kami sarankan agar dilakukan upaya supaya beban psikis tersebut bisa diredakan. Yakinkanlah kepada Ibu Anda bahwa kanker payudara yang diidapnya akan bisa sembuh, karena secara medis kondisinya memang belum terlalu berbahaya.

Mengapa kami menekankan agar dilakukan penurunan tensi psikis? Karena dalam banyak kasus menunjukkan bahwa problem psikologis justru seringkali memicu terjadinya penyakit lain. Tak jarang juga yang berdampak pada terjadinya komplikasi, sehingga dampaknya justru lebih membahayakan. Padahal sebenarnya kanker yang diidapnya sendiri bisa disembuhkan, baik secara medis maupun secara pengobatan herbal.

Dunia medis memang menggolongkan tingkatan kanker kedalam apa yang disebut stadium (stage). Sebagai pengetahuan buat Anda, selama ini dikenal ada lima stadium, yakni:

  • Stadium O     : Disebut kanker payudara non invasif. Ada 2 tipe dalam tingkatan ini, yaitu DCIS (ductal carcinoma in situ) dan LCIS (lobular carcinoma in situ).
  • Stadium I       : Kanker invasif kecil (ukuran tumor lebih kecil dari 2 cm dan tidak menyerang kelenjar getah bening).
  • Stadium II      : Kanker invasif (ukuran tumor 2-5 cm dan sudah menyerang kelenjar getah bening).
  • Stadium III     : Kanker invasif besar (ukuran tumor > 5 cm dan benjolan sudah menonjol ke permukaan kulit, pecah ataupun berdarah/bernanah.
  • Stadium IV    : Sel kanker sudah bermetastesis/menyebar ke organ lain seperti paru-paru, liver, tulang ataupun otak.

Nah, dari paparan diatas, Anda dan ibu Anda pasti bisa memahami bahwa kanker payudara yang menimpa Ibu Anda sebenarnya masih tergolong tahap awal. Meski relatif lebih mudah penyembuhannya, namun tetap harus selalu diwaspadai.

Bila Anda melakukan pengobatan secara medis, maka dokter pasti akan menawarkan pengobatan dengan cara operasi pengangkatan tumor, kemoterapi, dan sejenisnya. Sementara secara herbal tentu saja kami tidak melakukannya dengan cara operasi, melainkan dengan pemusnahan sumber-sumber kaker dengan menggunakan ramuan herbal. Dalam kasus kanker yang sudah ganas, untuk mempercepat penyembuhan, biasanya kami juga mengkombinasikan penggunaan herbal dengan kemoterapi.

Sedangkan dalam kasus ibu Anda yang baru memasuki stadium 1B insyaAllah masih relatif mudha penyembuhannya dengan cara herbal. Karena itu, bila Anda memang berminat melakukan pegobatan ke klinik kami, silakan kirimkan atau bawa ketika berobat ke klinik kami seluruh hasil rekam medis yang telah dijalani, terutama hasil lab/USG/Mammograph/Biopsi. Hal ini penting sebagai bahan kami untuk melakukan penentuan ramuan yang tepat guna membasmi sumber kanker.

InsyaAllah ibu Anda punya harapan besar untuk bisa sehat kembali. Sekali lagi kami sarankan agar ibu Anda untuk bersabar, ikhlas dan tawakkal terhadap cobaan peyakit yang dideritanya, seraya terus berusaha. Hal ini sangat membantu proses pengobatan. Terimakasih.

 


++++

Artikel terkait...