Jangan lupa saksikan inspirasi pagi bersama Jeng Ana setiap hari sabtu dan minggu pukul 08.00 s/d 09.00 WIB di Jak tv.

SOLUSI KESEHATAN KELUARGA INDONESIA


itiek Puspa selalu tampil sehat dan bugar, meski sudah memasuki usia 75. Pemilik nama asli Sudarwati itu rupanya mempunyai kiat tersendiri dalam menjaga kesehatan. Apa rahasianya?

Ditemui disela acara Ada Apa Berita’di Jak TV bersama Ratu Herbal Indonesia Jeng Ana, Senin (14/1) malam, ‘Eyang Titiek’, sapaan akrabnya, menceritakan perihal meditasi yang menjadi kunci dalam menjaga kesehatannya di usia senja.

“Saya melakukan meditasi dengan guru, ada yang mengajar dan itu mengerjakannya sangat mudah, tidak pakai jampi-jampi, minum jamu dan lain-lain,” katanya seraya tertawa.

Setali tiga uang, Nia Daniati yang hadir sebagai bintang tamu pada acara tersebut juga mengaku melakukan hal serupa. “Paling minum jahe, kunyit, temulawak dan kencur gitu sih untuk menjaga awet muda. Nggak pernah obat-obatan yang bagaimana banget,” ujar Nia.

Kebetulan Titiek Puspa pernah menderita kanker yang tidak kunjung sembuh meski sudah diobati secara medis hingga ke Singapura. Tetapi ternyata, penyakit mematikan itu justru sembuh setelah Eyang Titiek menempuh pengobatan alternatif, yakni meditasi.

“Pada saat meditasi saraf-saraf itu akan membetulkan dengan sendiri, saya melakukan itu (meditasi) selama 13 hari dan setelah 13 hari aku itu merasa seperti terbang, damai, tenang. Rasanya enteng badanku,” ceritanya.

Jeng Ana pun menilai apa yang dilakukan Titiek Puspa dan Nia Daniati sangat tepat. Karena pengobatan alami memang jauh lebih aman dari berbagai bentuk efek samping. Apalagi bagi Eyang Titiek yang usianya sudah sepuh, meditasi dan herbal sangat dibutuhkan untuk menunjang kesehatannya.

“Eyang Titiek, tubuhnya cukup bagus untuk seusia beliau. Kesehatannya juga bagus, walau dua tahun yang lalu dinyatakan kanker,” katanya.

Namun selain meditasi, menurut Jeng Ana alangkah lebih baik jika menjaga pola makan. Hal itu diakui oleh Titiek Puspa sudah ia lakukan sejak lama. “Makan daging itu saya kurangi, saya perbanyak sayur dan buah. Yang penting itu air putih, sampai sekarang saya nggak suka teh dan kopi. Gembira saja selalu senyum,” tutupnya seraya tertawa.

Herbalis yang pernah menyembuhkan komedian Epy Kusnandar dari tumor otak itu juga mengatakan sehat itu sangat sederhana. Salah satu cara mudahnya yaitu, rajin berpuasa. “Puasa juga bagian dari menjaga kesehatan dan menangkal penyakit juga. Seberat apapun masalah dan penyakitnya Allah pasti kasih kesehatan,” tutup Jeng Anna.

 

 


++++

Artikel terkait...