Jangan lupa saksikan inspirasi pagi bersama Jeng Ana setiap hari sabtu dan minggu pukul 08.00 s/d 09.00 WIB di Jak tv.

SOLUSI KESEHATAN KELUARGA INDONESIA


struma_70236487-710x150

Salam kenal. Saya perempuan sudah menikah, berusia 45 tahun. Pada tanggal 13 Februari 2012 saya melakukan USG pada bagian leher dan hasilnya adalah sebagai berikut:

THYROID DEXTRA

– Tampak lesi massa tumor nodul multiple padat dengan permukaan masih reguler dan batas cukup tegas berekhostruktur  hipoekhoik dengan internal echa disertai kalsifikasi didalamnya.

– Tampak pendorongan massa tumor ke jaringan sekitarnya.
– Tak tampak infiltrasi jaringan massa tumor ke jaringan sekitarnya
– Tak tampak pembesaran KGB regional

THYROID SINISTRA

– Tak tampak kelainan

Kesan: Struma multi-nodusa soliter padat – Klasifikasi (+), lobus dextra.

ASPEK MALIGNA? FNAB

Dokter menganjurkan agar dioperasi, tapi sampai saat ini saya belum melakukan operasi dan hanya melakukan terapi buah-buahan. Mohon bantuan apa ada obat herbal untuk saya dan bagaimana caranya karena tempat tinggal saya di Tondana Minahasa Sulut. Terima kasih atas bantuannya.

Vonneke Nelwan
vonenelwan@yahoo.co.ic

JAWAB:

Salam kenal kembali. Struma nodosa atau struma adenomatosa umumnya ditemukan di daerah pegunungan, karena defisiensi Iodium. Struma endemik ini dapat dicegah dengan substitusi Iodium. Di luar daerah endemik, struma nodosa ditemukan secara insidental atau pada keluarga tertentu.

Penderita struma nodosa biasanya tidak mengalami keluhan karenatidak ada hipotiroidisme atau hipertiroidisme, nodul mungkin tunggal, tetapikebanyakan berkembang menjadi multinoduler yang tidak berfungsi.Deregenerasi jaringan menyebabkan kista atau adenoma karena pertumbuhannya yang sering berangsur-angsur hingga struma menjadi besar tanpa gejalah kecuali benjolan di leher, sebagian penderita dengan straumanodosa dapat hidup dengan strumanya tanpa adanya gangguan.

Struma nodosa merupakan gangguan yang sangat sering dijumpaidan menyerang 16% perempuan dan 4% laki-laki yang berusia antara 20sampai 60 tahun seperti yang telah dibuktikan oleh suatu penyelidikan. Untuk itu haruslah tanggap dalam menghadapi penyakit ini, dengan melihat kondisi pada penderita. Secara medis, penyembuhan penyakit ini dilakukan dengan pengobatan dan terapi TSH oleh tiroksin serta pembedahan dilakukan apabila srtuma menjadi besar.

Penyebab kelainan ini bermacam-macam. Pada setiap orang dapat dijumpai masa dimana kebutuhan terhadap tiroksin bertambah, terutarna masa pertumbuhan, pubertas, menstruasi, kehamilan, laktasi, menopause, infeksi, stres atau lainnya. Pada masa-masa tersebut dapat ditemui hiperplasi dan involusi kelenjar tiroid. Perubahan ini dapat menimbulkan nodularitas kelenjar tiroid serta kelainan arsitektur yang dapat berlanjut dengan berkurangnya aliran darah di daerah tersebut sehingga terjadi iskemia.

Struma nodosa dapat diklasifikasi berdasarkan beberapa hal, yaitu:

a. Berdasarkan jumlah nodul

Bila jumlah nodul hanya satu disebut struma nodosa soliter (uninodosa), sedangkan bila lebih dari satu disebut struma multinodosa. Ini nampaknya yang sama dengan yang Anda alami.

b. Berdasarkan kemampuan menangkap Iodium radioaktif: Dalam hal ini dikenal 3 bentuk nodul tiroid, yaitu nodul dingin, nodul hangat, dan nodul panas.

c. Berdasarkan konsistensinya, dikenal adanya nodul lunak, kistik, keras, dan sangat keras.

Keganasan penyakit ini umumnya terjadi pada nodul yang soliter dan konsistensinya keras sampai sangat keras. Yang multipel biasanya tidak ganas, kecuali apabila salah satu dari nodul tersebut lebih menonjol dan lebih keras dari pada yang lainnya.

Bila suatu nodul nyeri pada penekanan dan mudah digerakkan, kemungkinan terjadi suatu perdarahan ke dalam kista, suatu adenoma atau tiroiditis, tetapi kalau nyeri dan sukar digerakkan kemungkinan besar suatu karsinoma.

Nodul yang tidak nyeri, multipel, dan bebas digerakkan merupakan struma difus atau hiperplasia tiroid. Apabila nodul multipel tidak nyeri tetapi tidak mudah digerakkan ada kemungkinan itu suatu keganasan. Adanya limfadenopati mencurigakan suatu keganasan dengan anak sebar.

Pada umumnya pasien struma nodosa datang berobat karena keluhan kosmetik atau ketakutan akan keganasan. Sebagian kecil pasien, khususnya yang dengan struma nodosa besar, mengeluh adanya gejala mekanis, yaitu penekanan pada esofagus atau trakea. Diagnosis ditegakkan atas dasar adanya struma yang bernodul dengan keadaan eutiroid.

Nah, menjawab pertanyaan Anda, apakah tersedia obat herbal untuk menyembuhkan penyakit ini? Jawabnya insyaAllah tersedia, karena alam semesta ini begitu kaya akan tanaman obat. Masalahnya terletak pada kemampuan kita dalam meramu atau menentukan komposisi herbal tersebut.

Sedangkan mengenai jarak Anda yang jauh dari klinik kami rasanya tidak bisa dijadikan alasan untuk berobat. Bagi Anda yang tidak bisa datang, kami juga melayani konsultasi dan pemesanan obat melalui website/email.

Bila Anda berminat untuk berobat ke klinik kami, maka yang kami butuhkan adalah rekam medis dari dokter yang telah Anda jalani, terutama sertakan hasil uji lab/scan. Ini penting sebagai bahan kami untuk mengetahui sumber penyakit, sehingga langkah pengobatannya pun bisa dilakukan dengan tepat. Tentunya dengan menggunakan ramuan herbal kami. Tks


++++

Artikel terkait...