Tak Hanya Menyehatkan, Puasa Ramadhan Juga Penting Untuk Melatih Pola Makan Intuitif

Berpuasa pada bulan Ramadan memiliki manfaat dan hikmah tersendiri bagi kesehatan tubuh. Jika ada pendapat awam mengatakan puasa melemahkan tubuh, maka ini sangat keliru.

Puasa sama sekali tidak melemahkan fisik, justru sebaliknya. Salah satu alasannya lantaran dalam berpuasa ada pembatasan asupan makanan. Puasa Ramadan dapat mengurangi frekuensi makan yang biasanya tiga kali menjadi dua kali sehingga menimbulkan terjadinya pembatasan asupan makanan dan resiko kelebihan kalori.

Dampak dari adanya pembatasan makanan dan kalori akan membawa manfaat bagi kesehatan. Pembatasan makanan membuat tubuh melakukan penghancuran lemak tubuh dan juga menyebabkan pengurangan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

“Jadi dengan adanya pembatasan makanan, berat badan akan turun, kolesterol akan turun, kadar gula darah juga menjadi lebih terkontrol,” kata herbalis Jeng Ana baru-baru ini.

Lebih jauh dijelaskan, puasa Ramadhan juga sangat baik bagi para pelaku diet untuk melatih pola makan intuitif. Pelakunya diajak menggunakan intuisi atau kemampuan mendengar bisikan hati saat memutuskan makan.

“Banyak orang menempuh berbagai cara untuk memperoleh tubuh yang proporsional. Nah, puasa Ramadhan ini cara terbaik untuk melatih intuisi makan kita,” jelasnya.

Seperti diketahui, cara menurunkan berat badan identik dengan menghilangkan atau membatasi asupan makanan. Hal ini tentu terasa sangat sulit dijalani terutama pada tahap awal. Terlebih, diet pada umumnya mengharuskan Anda mengonsumsi makanan tanpa tambahan rasa agar lebih sehat.

Sebaliknya, diet ini justru dapat merusak kesehatan secara keseluruhan. Pembatasan asupan makanan tertentu memunculkan obsesi pada makanan tersebut dan membuat Anda makan lebih banyak saat ada kesempatan.

Ketika makan berlebih, pikiran akan terasa menyesal dan menimbulkan stress berlebih yang mengantarkan Anda pada depresi dan rasa resah.

“Agar terhindar dari hal tersebut, cukup perhatikan asupan makanan sesuai yang Anda inginkan dan tubuh Anda butuhkan. Ibadah puasa Ramadhan merupakan ajang latihan yang baik,” Jeng Ana kembali menegaskan.

Agar tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan, Jeng Ana memberikan tips agar kita memilih makanan dengan bijak. Hal penting lain yang harus diingat adalah tetap jalan ibadah denagn ikhlas, berpikir positif dan selalu optimis. (*)


++++

Artikel terkait...