Jamu asli Indonesia

Sumber gambar: genit.id

Jamu merupakan salah satu warisan dari nenek moyang bangsa Indonesia. Jamu juga dikenal sebagai obat alternatif yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan yang berkhasiat terhadap kesehatan tubuh atau yang sekarang ini disebut herbal.

Zaman dahulu resep jamu hanya dikenal di kalangan keraton dan tidak diperbolehkan keluar dari keraton. Tetapi seiring dengan perkembangan jaman, orang-orang lingkungan keraton sendiri yang sudah modern, mereka mulai mengajarkan meracik jamu kepada masyarakat di luar keraton sehingga jamu berkembang sampai saat ini tidak saja hanya di Indonesia tetapi sampai ke luar negeri.

Bagi masyarakat Indonesia, Jamu adalah resep turun temurun dari leluhur agar dapat dipertahankan dan dikembangkan. Jeng Ana adalah pelestari resep jamu. Ditasbihkan dengan gelar Ratu Herbal Indonesia, Jeng Ana mewarisi berbagai resep jamu leluhur yang berasal dari kakeknya. Bahan-bahan jamu diraciknya sendiri, diambil dari tumbuh-tumbuhan yang ada di Indonesia baik itu dari akar,daun, buah, bunga, maupun kulit kayu.

Dapat dikatakan Jeng Ana adalah tokoh yang memiliki andil besar mempopulerkan pengobatan herbal di Indonesia, sehingga semakin banyak diminati oleh masyarakat karena khasiatnya yang luar biasa. Tidak adanya efek samping dari penggunaan herbal ini adalah alasan utama masyarakat kian memilih herbal.

Lewat keahlian dan pengalamannya dalam menangani pasien, Jeng Ana membuktikan herbal dapat menyembuhkan berbagai penyakit degenaratif yang mematikan seperti kanker, jantung, stroke, diabetes dan lainnya. Dirinya sangat meyakini, banyaknya orang yang akhirnya menggunakan cara pengobatan dengan konsumsi jamu atau herbal salah satunya adalah karena penyakit yang dideritanya diperkirakan sudah cukup sulit disembuhkan secara medis, sehingga obat tradisional dijadikan sebagai upaya lain untuk mencari kesembuhan.

“Banyak yang sudah membuktikan khasiat herbal, makanya sekarang makin banyak orang yang kembali menggunakan obat tradisional kita ini,” tegas Jeng Ana, yang salah satu keahliannya adalah dalam hal penyembuhan kanker, terutama kanker rahim dan kanker payudara.


++++

Artikel terkait...