Saluran Tuba

Assalammualaikum,

Saya Sany berumur 27thn. Saya mau tanya kalau ada penyumbatan dalam rahim ke sel telur, apa bisa sembuh? Karena saya dianjurkan untuk operasi laparaskopi, karena ada infeksi di saluran tuba sehingga kemungkinan untuk hamil tidak akan bisa dengan cara alami, melainkan harus dengan cara inseminasi ataupun bayi tabung.

Saya benar-benar terkejut dengan hasil pemeriksaan dari dokter. Sedangkan biaya operasinya mencapai biaya yang sangat besar. Semua wanita ingin sekali mempunyai keturunan. Semua terjadi karena adanya peradangan keputihan ke daerah panggul, sehingga menutup saluran rahim ke sel telur. Sehingga sperma tidak bisa masuk

ke dalam sel telur.

Mohon diberikan penjelasan bagaimana cara menangani masalah ini.

Wassalamu’alaikum

Sany

sany_rahayu85@yahoo.com

JAWAB:

Wa’alaikum salam,

Dalam dunia medis, infeksi atau peradangan yang terjadi pada saluran tuba disebut Salphyngitis. Hampir semua kasus disebabkan olehinfeksi bakteri. Beberapa bakteri yang paling umum bertanggung jawab timbulnya penyakit ini, diantaranya:

– Gonokokus (yang menyebabkan gonore)

– Mycoplasma

– Staphylococcu

– Streptococcus

Bakteri tersebut bisa muncul karena beberapa sebab, misalnya hubungan seksual, pemasangan IUD, keguguran, aborsi, melahirkan, dan apendisitis.

Peradangan tersebut mengakibatkan sekresi atau keluar nanah dalam tuba fallopi. Selain itu, infeksi yang terjadi pada salah satu tuba fallopi biasanya menyebabkan infeksi pada yang lain. Hal ini terjadi karena bakteri bermigrasi melalui pembuluh getah bening yang ada di dekatnya.

Salphyngitis merupakan salah satu penyebab paling umum dari ketidaksuburan wanita. Mengapa? Jika penyakit ini tidak segera diobati, infeksi secara permanen dapat merusak tuba fallopi, sehingga telur dilepaskan setiap siklus menstruasi tidak dapat bertemu dengan sperma.

 

Gejala

Pada tahap awal, penyakit ini tidak memperlihatkan gejala, sehingga sulit dikenali. Inilah yang menyebabkan kaum wanita seringkali baru menyadari bahwa dirinya mengidap Salphyngitis ketika sudah memasuki tahap akut atau kronis.

Sedangkan gejala-gejala umum penderita Salphyngitis biasanya merasakan rasa nyeri pada perut bagian bawah. Selain itu, penderita biasanya juga mengalami pendarahan di luar siklus menstruasi.

Lebih lengkapnya, gejala-gejala yang lazim dialami penderita penyakit ini diantaranya:

– Kondisi vagina tidak normal, seperti warna yang tidak biasa atau bau

– Terasa sakit saat menstruasi

– Mentruasi tidak teratur

– Tidak nyaman dan terasa sakit saat hubungan seksual

– Demam

– Nyeri di bagian perut

– Sakit di bagian pinggang

– Sering buang air kecil

– Mual dan muntah

– Gejala-gejala tersebut diatas biasanya muncul setelah periode menstruasi.

 

Pengobatan

Bagaimana cara oengobatannya? Bila Anda menempuh cara medis, dokter biasanya memberikan antibiotik atau penyemprotan tuba untuk kondisi Salphyngitis yang belum parah. Tetapi bila kondisinya sudah parah umumnya dokter menyarankan cara operasi.

Seperti kita ketahui bersama, cara operasi tentunya memiliki konsekuensi. Bukan hanya soal biaya yang mahal, tetapi risiko yang tidak bisa diprediksi.

Lantas, apakah pengobatan herbal bisa menyembuhkannya? InsyaAllah pengobatan herbal akan lebih banyak membantu. Selain tidak memerlukan cara operasi, obat herbal juga tidak memiliki efek samping.

Banyak jenis tanaman atau obat herbal yang bisa mengobati Salphyngitis. Di klinik kami juga memiliki ramuan khusus yang merupakan kombinasi sejumlah tanaman herbal dalam dosis tertentu yang disesuaikan dengan kondisi pasien. Ada yang berbentuk ramuan rebus, kapsul ekstrak, dan sebagainya.

Tetapi yang tidak kalah pentingnya dari obat adalah kepatuhan terhadap pola makan dan pantangan-pantangan makanan yang harus dihindari. InsyaAllah bila semua dijalankan dengan benar, hasilnya akan baik.

Yakinlah dan berpasrahlah, bahwa segala kesembuhan datangnya dari Allah.

 


++++

Artikel terkait...